auto

BMW, Hyundai, Toyota, dan Wuling Pinjamkan Ratusan Mobil Listrik untuk KTT ke-43 ASEAN

Penulis Rahma K
Sep 06, 2023
Kendaraan listrik untuk KTT ASEAN. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc. Dari kemenparekraf.go.id)
Kendaraan listrik untuk KTT ASEAN. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc. Dari kemenparekraf.go.id)

ThePhrase.id – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 September 2023 di Jakarta akan menggunakan kendaraan listrik sebagai moda transportasi utama.

Keterlibatan produsen otomotif nasional pada gelaran internasional seperti KTT ke-43 ASEAN ini adalah yang ketiga kalinya. Sebelumnya, kendaraan listrik juga menjadi moda transportasi utama pada KTT ke-42 ASEAN 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat, dan KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

Pada KTT kali ini, empat produsen mobil nasional, yakni PT BMW Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), PT Toyota Astra Motor (TAM), dan Wuling Motors menjadi merek-merek yang meminjamkan produk roda empatnya sebagai armada operasional.

BMW Indonesia menyerahkan produk terbarunya, BMW i7 xDrive60 Grand Lusso sebanyak 36 unit kepada Menteri Sekretaris Pratikno. Penyerahan ini dilakukan pada Juni 2023 lalu, dan pihak BMW turut memberikan pelatihan khusus kepada Paspampres terkait cara mengoperasikan dan mempelajari fitur-fitur khusus di mobil listrik tersebut.

Sementara itu, Hyundai menyerahkan dua model mobil listrik yang berbeda, yaitu Hyundai Ioniq 5 sebanyak 272 unit dan Hyundai Ioniq 6 yang belum dirilis di Indonesia sebanyak 74 unit. Penyerahan 346 unit ini dilakukan di sela-sela gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Jumat, 11 Agustus 2023.

Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima ThePhrase.id, pihak HMID mengatakan bahwa nantinya Hyundai Ioniq 6 akan digunakan sebagai kendarangan delegasi VIP. Sedangkan Hyundai Ioniq 5 akan digunakan sebagai kendaraan operasional.

Toyota juga tak mau ketinggalan berkontribusi pada konfernsi internasional ini dengan meminjamkan sebanyak 76 unit Toyota Bz4X. Mobil listrik dari Toyota ini akan menjadi kendaraan resmi pejabat tinggi setingkat menteri di KTT tersebut.

Terakhir, Wuling Motors juga turut meminjamkan mobil listriknya mungilnya, Wuling Air EV sebanyak 150 unit yang digunakan sebagai kendaraan operasional. Pihak Wuling Motors mengatakan bahwa Air EV diberikan corak (livery) khusus untuk perhelatan ini.

Jika ditotal, maka terdapat 608 mobil listrik yang akan menjadi moda transportasi selama KTT ke-43 ASEAN di Jakarta berlangsung. Hadirnya ratusan produk kendaraan ramah lingkungan ini merupakan buah partisipasi ekosistem industri otomotif di Indonesia.

Dilansir dari laman Indonesia.go.id, pilihan untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai moda transportasi pada kegiatan-kegiatan resmi internasional di Indonesia seperti KTT ke-43 ASEAN ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah Indonesia. Seperti yang diketahui, pengembangan kendaraan listrik termasuk sebagai upaya mewujudkan transisi energi menuju energi terbarukan. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic