
ThePhrase.id – Tidak semua orang menemukan kesuksesan lewat jalur yang sama dengan jurusan kuliah yang ditempuhnya, dan itu bukan kelemahan, melainkan warna dari perjalanan. Putri Rizka Utami menjadi buktinya. Lulusan sastra Inggris dari Universitas Airlangga ini berani mencoba hal baru, hingga menemukan panggilan hidupnya di dunia bisnis.
Flicka Fashion Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama brand Flicka Bags adalah merek tas garapan Putri. Dari nol, ia membangun usaha ini hingga Flicka Bags dikenal luas sebagai brand tas lokal yang digemari perempuan Indonesia.
"Dulu saat ada bazar lokal brand, saya selalu beli tasnya, karena memang sesuka itu. Dari situ saya kepikiran, kenapa tidak mencoba buat brand tas sendiri. Sekalian menuangkan ide dan desain yang saya suka sembari mengisi waktu luang setelah kuliah juga," ujar Putri, dikutip dari laman resmi Universitas Airlangga.

Itulah awal mula Putri membangun bisnisnya. Dari kesukaannya terhadap tas lokal, ia berambisi untuk membangun brand miliknya sendiri yang dapat disukai perempuan lain, seperti dirinya menyukai tas-tas lokal.
Bahkan, nama Flicka sendiri berarti perempuan, diambil dari bahasa Swedia. Putri ingin brand yang digarapnya dengan sepenuh hati ini merepresentasikan keeleganan seorang perempuan.
"Saat itu saya mencari nama yang tidak susah dihafalkan, tetapi memiliki makna yang berhubungan dengan perempuan. Sampai saya ketemu kata 'Flicka' yang kalau diterjemahkan artinya perempuan," bebernya.
Selain sekadar nama, dalam membangun Flicka, Putri juga memiliki visi dan misi untuk mengajak perempuan lebih bebas berekspresi. Hal ini ia wujudkan dengan bentuk dan desain dari berbagai koleksi tas Flicka.
"Kami ingin mengajak setiap wanita untuk mengekspresikan semua sisi dirinya. Mulai dari classy, elegant, fun, dan playful melalui produk yang fungsional, timeless, dan berkarakter. Kami ingin menyajikan produk yang bagus dan nyaman, serta merayakan keberagaman sisi perempuan," ungkapnya.
Dalam membangun bisnis, Putri memgalami jatuh bangun. Seperti kendala di awal ketika bisnisnya baru berjalan. Modal yang minimalis membuatnya harus memutar otak dengan ekstra agar produknya tetap berjalan tanpa mengalami kerugian.
Ia menjelaskan, integritas dan kemauan untuk terus belajar menjadi nilai penting yang ia pegang dan junjung dalam menghadapi setiap tantangan. Menurutnya, integritas merupakan fondasi kepercayaan, baik dalam hubungan personal maupun profesional.
Kini, ia telah menuai hasil yang sebelumnya tak pernah dibayangkannya. Flicka Bags sukses menjadi salah satu local brand yang trendy dan digemari perempuan Indonesia. Di Instagram, pengikutnya mencapai 699 ribu.
Tas-tas Flicka juga dapat dibeli secara daring lewat berbagai marketplace dan juga secara offline di store fisik di beberapa kota di Indonesia, seperti Surabaya, Sidoarjo, dan Yogyakarta. Bahkan, pengguna marketplace dari negara lain seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura juga dapat membeli tas Flicka lewat marketplace.
Putri berpesan untuk para pemuda agar lebih berani mengeksplorasi berbagai bidang di luar akademik. Menurutnya, sudah saatnya mahasiswa bergerak mewujudkan mimpi mereka.
"Jangan pernah merasa tidak cocok hanya karena latar belakang jurusanmu berbeda. Justru cara pandang humanis dan sensitif pada cerita serta makna adalah keunggulan yang jarang orang lain miliki. Karena kalau kita tidak mencoba melakukannya, sampai kapan pun kita tidak akan tahu langkah apa yang bisa membawa kita menjadi lebih maju ke depannya," tutupnya. [rk]