leader

CEO Naver Choi Soo-yeon Jadi Satu dari Dua Wanita Korea Selatan yang Masuk Daftar Most Powerful Women versi Forbes

Penulis Rahma K
Dec 13, 2023
Choi Soo-yeon. (Foto: navercorp.com)
Choi Soo-yeon. (Foto: navercorp.com)

ThePhrase.id – Choi Soo-yeon, CEO dari Naver, sebuah portal web atau search engine nomor satu di Korea Selatan masuk sebagai satu dari dua orang Korea Selatan di daftar 'The World's 100 Most Powerful Women' 2023 versi Forbes.

Ia menempati peringkat ke-96 dan masuk dalam kategori Business. Sementara wanita asal Korea Selatan lainnya yang turut masuk dalam daftar ini bersama Choi Soo-yeon adalah Lee Boo-jin, presiden dan kepala eksekutif Hotel Shilla yang bertengger di urutan ke-82.

Berbeda dari Lee Boo-jin yang sebelumnya pernah masuk dalam daftar ini di tahun 2015, Choi Soo-yeon merupakan pendatang baru baik dalam daftar ini maupun dalam daftar-daftar yang dikeluarkan Forbes lainnya.

Bahkan, Choi Soo-yeon juga masuk ke dalam jajaran sosok termuda dalam daftar tersebut, yakni berada di urutan ke-7 dengan usianya yang menginjak 42 tahun. Di atasnya terdapat Taylor Swift (33), Rihanna (35), Melanie Perkins (36), Susan Li (38), Beyonce (42), dan Roshni Nadar (42).

Dikutip dari laman Forbes, Choi Soo-yeon bahkan diangkat sebagai CEO Naver ketika berusia 40 tahun. Ia menjadi CEO perempuan kedua sepanjang manajemen Naver, dan juga CEO non-founder termuda dari perusahaan yang kerap dibandingkan dengan Google tersebut.

Pada Rabu, 17 November 2021, Naver Corporation mengadakan rapat dewan direksi dan mengumumkan Choi Soo-yeon yang kala itu menjabat sebagai Head of Global Business Support sebagai calon CEO baru dan juga Kim Nam-sun sebagai calon CFO baru.

CEO Naver Choi Soo yeon Jadi Satu dari Dua Wanita Korea Selatan yang Masuk Daftar Most Powerful Women versi Forbes
Choi Soo-yeon. (Foto: navercorp.com)

Choi Soo-yeon akhirnya secara resmi diangkat sebagai CEO Naver pada Senin, 14 Maret 2022 melalui rapat pemegang saham tahunan ke-23. Di bawah pimpinannya, Naver akan memfokuskan pada kekuatan manajemen untuk mengubah bisnisnya menjadi perusahaan internet kelas global.

Diungkapkan juga pada penunjukkan CEO Naver tersebut bahwa Choi Soo-yeon dipuji sebagai individu yang memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar global.

Latar belakang studi dan perjalanan karier

Choi Soo-yeon adalah Sarjana Teknik Sipil dari universitas top Korea Selatan, Seoul National University dan lulus pada tahun 2005. Saat masih berkuliah, Choi Soo-yeon bekerja sebagai intern di The National Assembly of The Republic of Korea (2004-2005).

Setelah lulus, ia menjadi Assistant Manager di Naver dari tahun 2005 hingga 2009. Ia masuk dalam PR Department dan Marketing Division. 

Meskipun telah memiliki karier yang bagus, Choi Soo-yeon meninggalkan Naver di tahun 2009 untuk menekuni studi di Yonsei University pada jurusan hukum hingga tahun 2012. Ia kembali melanjutkan studinya di Harvard Law School (2017-2018) dan mendapatkan gelar LLM.

Selama berkuliah hukum hingga lulus, Choi Soo-yeon bekerja sebagai lawyer atau pengacara di beberapa law firm seperti Yulchon LLC (2012-2019) dan Kobre & Kim (2018-2019) di New York, Amerika Serikat.

Setelah lulus dan kembali dari negara paman sam, Choi Soo-yeon kembali bergabung dengan Naver, tetapi kali ini bukan di jajaran bawah, melainkan sebagai Head of Global Business Support. Ia mengemban posisi tersebut selama tiga tahun, kemudian didapuk sebagai CEO di tahun 2022. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic