leader

Cetak Sejarah, Aktor Korea-Amerika Steven Yeun Menangkan Piala Golden Globes Pertamanya

Penulis Rahma K
Jan 10, 2024
Steven Yeun pada Golden Globe Awards 2024. (Foto: goldenglobes.com)
Steven Yeun pada Golden Globe Awards 2024. (Foto: goldenglobes.com)

ThePhrase.id – Steven Yeun, aktor kewarganegaraan Amerika Serikat berdarah Korea Selatan, menjadi salah satu penerima penghargaan bergengsi industri perfilman dunia, yakni Golden Globe Awards 2024.

Pada ajang penghargaan yang berlangsung di The Beverly Hilton, Beverly Hills, California, Amerika Serikat pada Minggu (7/1) waktu setempat tersebut, Steven Yeun memenangkan penghargaan pada kategori 'Best Performance by a Male Actor in a Limited Series, Anthology Series, or a Motion Picture Made for Television'.

Karya yang membawanya pada penghargaan Golden Globes pertamanya tersebut adalah serial televisi berjudul Beef (2023) yang tayang di Netflix, di mana ia berperan sebagai sang pemeran utama, Danny Cho.

Dengan kemenangan ini, Steven berhasil mengalahkan sederet aktor top lainnya seperti Sam Claflin pada Daisy Jones & the Six, Matt Bomer pada Fellow Travelers, Jon Hamm pada Fargo, Woody Harrelson pada White House Plumbers, dan David Oyelowo pada Lawmen: Bass Reeves.

Hebatnya, ini merupakan nominasi Golden Globes pertama sepanjang karier sang aktor dan langsung berhasil membawa pulang piala kemenangan.

 

Ia bahkan turut mencetak sejarah sebagai aktor Asia pertama yang sukses meraih kemenangan pada kategori ini. Sebelumnya, belum ada aktor keturunan Asia yang masuk dalam nominasi maupun memenangkan kategori ini.

Tak sendirian, lawan mainnya dalam serial 'Beef', yakni Ali Wong juga memenangkan kategori yang sama versi aktris. Ali Wong turut menjadi aktris Asia pertama yang berhasil membawa pulang penghargaan kategori tersebut.

Dalam pidato kemenangannya, Steven mengatakan sangat bersyukur menjadi salah satu dari penerima penghargaan tersebut. Ia juga tak lupa berterima kasih kepada orang-orang terdekatnya termasuk sang istri, anak, hingga sutradara, cast, dan kru dari serial 'Beef'.

Pencapaian Steven dalam ajang penghargaan bergengsi Hollywood tak hanya itu. Sebelumnya, pria kelahiran 21 Desember 1983 ini juga berhasil masuk dalam nominasi Academy Awards atau Oscar 2021 pada kategori Best Actor melalui film Minari (2020).

Meskipun belum berhasil memenangkannya, Steven Yeun menjadi aktor Asia pertama yang masuk dalam nominasi kategori Best Actor, bersanding dengan aktor-aktor ternama Hollywood lainnya.

Cetak Sejarah  Aktor Korea Amerika Steven Yeun Menangkan Piala Golden Globes Pertamanya
Steven Yeun. (Foto: Instagram/theacademy)

Untuk serial 'Beef' yang dibintanginya ini, Steven juga masuk dalam nominasi dua penghargaan top Hollywood lainnya, yakni 75th Primetime Emmy Awards pada kategori 'Outstanding Lead Actor in a Limited or Anthology Series or Movie', dan Critic's Choice Television Awards pada kategori 'Best Actor in a Movie/Miniseries'.

Profil Steven Yeun

Steven Yeun lahir di Seoul, Korea Selatan dengan nama Yeun Sang-yeop. Ia pindah ke Kanada bersama keluarganya ketika berusia lima tahun, dan kemudian berpindah ke Amerika Serikat dan menetap di negara bagian Michigan.

Ia bersekolah di Kanada dan Amerika Serikat, kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Kalamazoo College di mana ia lulus dengan gelar sarjana pada jurusan Psikologi pada tahun 2005.

Saat menjalani studinya di kampus, Steven bertemu dengan seorang kawan yang merupakan adik dari komedian Jordan Klepper. Ia kemudian diajak menonton pertunjukan improvisasi Jordan Klepper dan tertarik untuk terjun ke industri yang sama.

Cetak Sejarah  Aktor Korea Amerika Steven Yeun Menangkan Piala Golden Globes Pertamanya
Steven Yeun. (Foto: X/NetflixJP)

Pada awalnya, kedua orang tua Steven menentang keputusannya untuk tak melanjutkan karier di dunia medis. Namun, ia diberi kesempatan untuk mencoba. Steven kemudian  mengikuti kelas improvisasi dan sketsa komedi, hingga belajar akting.

Ia menjajal beberapa karya kecil seperti film pendek dan terus mencoba peruntungannya mengikuti audisi. Karya besar pertamanya adalah serial The Big Bang Theory (2010) pada salah satu episodenya.

Setelah itu, ia langsung mendapatkan peran pada serial 'The Walking Dead' yang populer di seluruh dunia. Ia berperan sebagai Glenn Rhee pada 73 episode, sejak tahun 2010 hingga 2016. Serial inilah yang membuat namanya dikenal luas.

Setelah keluar dari serial 'The Walking Dead', karier Steven semakin melesat. Tercatat, ia menjadi bintang berbagai film dan serial tenar seperti Okja (2017), Mayhem (2017), Burning (2018), Sorry to Bother You (2018), Minari (2020), The Humans (2021), Nope (2022), dan masih banyak lagi. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic