ThePhrase.id – Di pengujung April 2025, Chery resmi meluncurkan merek terbarunya yang bernama Lepas serta model perdananya, yakni L8 di Wuhu, China. Lebih tepatnya pada 24 April 2025 Lepas diperkenalkan dengan tema “Colorful Life, Masterful Drive.”
Zhang Guibing, President Chery International turut mengumumkan lima model dari merek ini dalam tiga tahun mendatang. Peluncuran produk dimulai dari SUV yang penuh dengan terobosan, yaitu L8 yang akan diluncurkan pada Desember 2025 mendatang.
Model ini kemudian akan disusul oleh SUV kelas A yang diberi nama L6 yang menyasar konsumen perkotaan. Lalu, SUV gesit kelas A0 L4 yang didesain khusus untuk pengemudi perempuan yang menggemari mode juga akan dirilis.
Selain itu, Lepas juga akan menyasar pasar global dengan berekspansi melalui berbagai strategi. Beberapa di antaranya adalah membangun 1.200 gerai penjualan di seluruh dunia dan melakukan produksi tahunan dan volume penjualan yang mencapai 500.000 unit.
Untuk L8 sendiri, Lepas mengandalkan empat pilar utama, yaitu konsep desain yang terinspirasi dari siluet macan tutul, ruang kabin yang mewah, fitur keselamatan berkendara yang pintar, dan Chery Super Hybrid (CSH).
Lepas L8 terinspirasi dari garis-garis yang terbentuk ketika seekor macan tutul berlari kencang. Konsep desain ini memadukan tampilan menarik dengan filosofi mekanis. Dengan tampilan lampu depan berbentuk vertikal, serta kokpit interaktif dengan desain minimalis, Lepas L8 benar-benar menyeimbangkan kecepatan dan desain elegan.
Peluncuran brand baru ini dilakukan sebagai strategi Chery untuk memenuhi keinginan pasar dan juga konsumen yang beragam, serta mendorong pertumbuhan pasar. Lepas mengusung visi "mobilitas elegan" yang mengubah ekosistem mobilitas masa depan dengan teknologi pintar dan desain yang estetik.
Pada peluncuran ini, Zhang turut membeberkan bahwa pihaknya berusaha untuk memahami selera pasar dengan pendekatan yang memahami pelanggan. Ia menjelaskan bahwa Chery lebih diminati oleh kalangan menengah yang sedikit tradisional, tetapi juga memiliki profil konsumen yang lebih muda dan modis.
Dengan begitu, Chery tak ingin kehilangan pelanggan dengan menggunakan pendekatan yang menjangkau semua. Jika hanya mengandalkan satu merek, yaitu Chery maka tak dapat memenuhi keinginan seluruh segmen. Maka dari itu, membuat merek baru seperti Lepas merupakan sebuah solusi yang bisa dilakukan.
"Kita perlu mengembangkan produk lain, merek lain, warna lain, dan variasi yang berbeda," ungkapnya. Hadirnya Lepas menambah brand otomotif yang berada di bawah naungan grup Chery, yaitu Omoda, Jaecoo, iCar, dan Exeed.
Apakah akan masuk Indonesia? Dilansir dari detikoto, Sales Director PT Chery Sales Indonesia (CS), Budi Darmawan memastikan bahwa Lepas akan masuk ke Indonesia pada tahun ini. Sehingga, akan ada tiga brand Chery di Indonesia, yaitu Chery, Jaecoo, dan Lepas. [rk]