leader

Dari Bandung ke Paris, Raihan Fahrizal Jadi Model Runway Louis Vuitton di Paris Fashion Week 2024

Penulis Rahma K
Jan 24, 2024
Raihan Fahrizal pada runway Louis Vuitton untuk koleksi Fall/Winter 2024. (Foto: Instagram/raihanfahrizal__)
Raihan Fahrizal pada runway Louis Vuitton untuk koleksi Fall/Winter 2024. (Foto: Instagram/raihanfahrizal__)

ThePhrase.id – Raihan Fahrizal, model asal Bandung, Jawa Barat menorehkan prestasi yang membanggakan di kancah internasional. Ia berhasil menjadi model Indonesia satu-satunya yang melenggang di runway brand desainer ternama, Louis Vuitton.

Pemuda kelahiran tahun 2001 ini terpilih menjadi salah satu model yang memamerkan koleksi Men's Fall/Winter 2024 Louis Vuitton rancangan Pharrell Williams pada Paris Fashion Week 2024 yang berlangsung pada 16 Januari 2024 di Jardin d’Acclimatation, Paris, Prancis.

Koleksi ini sendiri merupakan koleksi ketiga dari desainer dan musisi Pharrell Williams sebagai direktur kreatif dari lini Men's Wear milik Louis Vuitton. Tema utama dari koleksi ini adalah American West dan terinspirasi dari Wild West.

Dengan mengusung konsep look keseluruhan bak koboi, Raihan berkesempatan untuk menampilkan set jas dan celana loose berwarna merah bata yang mewah, sepatu boots kulit ular, serta tas jinjing berwarna hitam.

Ayah dari Raihan Fahrizal, yaitu Dadan Iskandar mengaku bangga atas pembuktian dan pencapaian putranya di kancah internasional dengan berhasil menjadi model Indonesia pertama di runway Louis Vuitton.

"Selain bangga karena kemandirian anak, saya juga terharu dengan niat baiknya yang ingin mengumpulkan hasil kerjanya untuk memberangkatkan umrah sekeluarga," ujar sang ayah, dikutip dari detikJabar.

Debut internasional dengan YSL

Raihan pertama kali viral di Tanah Air setelah menjadi model Indonesia pertama yang berjalan di runway desainer top dunia lainnya, yakni Yves Saint Laurent (YSL) pada tahun 2021.

Lebih tepatnya pada bulan Juli tahun 2021, Raihan berkesempatan untuk menjadi salah satu model yang memamerkan koleksi YSL Men's Spring/Summer 2022 di Pulau Isola della Certosa, Venesia, Italia. Ini merupakan kali pertamanya menjadi model di kancah internasional.

Kala itu, Raihan mengenakan silk vest bermotif floral yang terinspirasi style tahun '70-an rancangan Anthony Vaccarello, direktur kreatif dari Yves Saint Laurent. Vest tersebut dipadukan dengan celana panjang pensil berwarna hitam, pantofel, dan kacamata hitam.

Diketahui, Raihan yang memulai karier sebagai model pada usia 17 tahun ini dihubungi oleh sebuah agensi di Paris pada akhir tahun 2020. Ia diminta untuk placement di Paris dan Milan dan mengikuti proses casting untuk menjadi model runway YSL.

Dari Bandung ke Paris  Raihan Fahrizal Jadi Model Runway Louis Vuitton di Paris Fashion Week 2024
Raihan Fahrizal. (Foto: Instagram/raihanfahrizal__)

Model yang memiliki tinggi badan 187 cm ini bersaing dengam model dari berbagai negara, dan berhasil keluar sebagai salah satu modelnya dan menjadi satu-satunya dan yang pertama dari Indonesia. 

Setelah itu, kariernya mulai moncer di berbagai negara. Hingga saat ini, ia diketahui telah menjadi model untuk sederet brand-brand tersohor seperti Diesel, Wales Bonner, Solid Homme, Stone Island, Kiko Kostadinov, hingga Paul Smith.

Kesuksesan Raihan sebagai model go internasional saat ini tak terlepas dari rundungan yang pernah didapatnya saat masih kecil karena memiliki tubuh yang kurus, tinggi, dan berkulit gelap. Kini, hal-hal yang diejek dahulu menjadi daya tariknya sebagai seorang model kelas dunia. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic