auto

Deretan Mobil Bekas yang Paling Diminati Masyarakat Indonesia Sepanjang Tahun 2023

Penulis Rahma K
Dec 20, 2023
Ilustrasi foto mobil bekas. (Foto: freepik/tawatchai07)
Ilustrasi foto mobil bekas. (Foto: freepik/tawatchai07)

ThePhrase.id – OLX, platform marketplace untuk jual beli mobil yang per 11 Agustus 2023 telah menjadi bagian dari Astra International, belum lama ini merilis daftar mobil bekas paling banyak diminati pada tahun 2023 di Indonesia.

Seperti diketahui, pasar mobil bekas merupakan segmen di industri otomotif yang menarik dan diminati secara luas karena menjadi pilihan masyarakat karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil baru.

"Pasar mobil bekas masih menjadi pilihan masyarakat hingga saat ini karena harganya yang lebih terjangkau dibanding dengan mobil baru. Kami sebagai platform iklan baris digital OLX berupaya untuk memenuhi ekspektasi konsumen dnegan menyediakan berbagai pilihan mobil bekas yang sudah terverifikasi," ujar Direktur OLX, Agung Iskandar pada keterangan tertulisnya, Senin (11/12) yang diterima ThePhrase.id.

Lantas, mobil bekas apa saja yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, dan dari jenis mobil apa saja?

Berdasarkan data internal yang diolah dari listing OLX (Otobarometer), terdapat sejumlah tipe mobli yang paling banyak dicari oleh konsumen sepanjang tahun 2023. 

Per bulan Oktober 2023, dari lebih 200.000 pilihan mobil bekas yang diiklankan di OLX, terdapat tiga tipe mobil yang paling banyak dicari, yakni MPV, SUV, dan Hatchback.

Deretan Mobil Bekas yang Paling Diminati Masyarakat Indonesia Sepanjang Tahun 2023
Otobarometer oleh OLX Indonesia. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, lima model beserta mereknya yang menempati posisi lima teratas yang paling banyak diminati sepanjang tahun 2023 adalah:

  1. Toyota Kijang Innova
  2. Toyota Avanza
  3. Honda Brio
  4. Honda Jazz
  5. Toyota Fortuner

Sementara itu, untuk warna mobil yang paling banyak diminati tercatat tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya, yakni hitam, putih, dan silver.

Dari hasil pengolahan data OLX ini, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat berubahan yang signifikan mulai dari merek, model, hingga jenis mobil bekas yang diminati masyarakat Indonesia pada tahun 2023 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk tren mobil bekas masih tidak jauh berbeda dibandingkan dnegan tahun-tahun sebelumnya, yang mana dengan range (harga) Rp100 juta sampai dengan Rp200 juta-an paling banyak dicari," tambah Agung.

Terkait penggunanya, OLX mencatat bahwa pencarian mobil di iklan baris digital OLX ramai oleh pencari mobil dari lokasi di Jabodetabek, diikuti oleh Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Solo. 

Di sisi lain, terdapat pula beberapa model mobil yang banyak dicari, tetapi hanya memiliki sedikit listing, seperti Toyota Hiace, Honda City Tipe Z, Datsun Go Panca, Hyundai Accent, dan Suzuki Karimun Estillo. [rk]

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic