Dukung Akselerasi Elektrifikasi, Honda Bersiap Umumkan Roadmap Bisnis Motor Listrik di Indonesia

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Tren kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik semakin kuat di Indonesia. Menyikapi transisi ini, PT Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan bahwa sedang bersiap dan akan publikasi roadmap bisnis sepeda motor listrik untuk Indonesia pada tahun ini.

Dalam siaran pers pada laman resminya Selasa, (13/9/22). AHM mengatakan bahwa komitmen ini merupakan bagian dari target realisasi netralitas karbon sepeda motor Honda di seluruh dunia hingga tahun 2040-an yang diinisiasi Honda Motor Co., Ltd.

Selain itu, raodmap ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mengakselerasi elektrifikasi di Indonesia yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Tranportasi Jalan.

President Director AHM, Keiichi Yasuda mengatakan bahwa sebagai produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, AHM akan menjadi bagian penting dalam menghadirkan produk sepeda motor listrik yang dapat memberikan netralisasi karbon.

Ilustrasi elektrifikasi motor Honda. (Foto: global.honda)

“Kami sudah bekerja sama dengan berbagai pihak dalam riset dan pengembangan sepeda motor listrik dan infrastruktur pendukungnya, termasuk dalam rantai bisnis baterai. Paling lambat akhir tahun ini, kami akan menginformasikan strategi dan roadmap bisnis sepeda motor listrik Honda di Indonesia,” ungkap Keiichi Yasuda.

Selain itu, Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman mengatakan bahwa perusahaan sedang menyiapkan jaringan bisnis dan ekosistemnya agar dapat memberikan pelayanan yang sesuai untuk transisi kepada kendaraan listrik di masa mendatang.

“Dukungan kami sangat penuh terhadap pemerintah dalam mewujudkan percepatan program kendaraan bermotor listrik. Kami ingin segera memberikan sepeda motor listrik berkualitas, aman buat konsumen, dan dukungan layanan purna jual terbaik seperti yang telah kami implementasikan selama ini,” ujar Johannes Loman.

Secara global, Honda akan merilis 10 model sepeda motor listrik pada tahun 2025. Terlebih lagi, Honda memiliki target penjualan 1 juta unit sepeda motor listrik. Target tersebut dinaikkan hingga 3,5 juta sepeda motor listrik pada tahun 2030.

Honda PCX Electric. (Foto: astra-honda.com)

Sebelumnya, AHM juga telah membuktikan komitmennya pada elektrifikasi sejak tahun 2019 dengan memproduksi Honda PCX Electric di pabrik AHM di Sunter, Jakarta Utara. Motor tersebut dapat diisi ulang menggunakan on board charging dan sistem swap.

Setelah peluncuran Honda PCX Electric di tahun 2019 tersebut, AHM kemudian melakukan upaya lain, yakni mengembangkan studi bersama dengan berbagai pihak. Seperti kerja sama dengan HEIN (PT HPP Energy Indonesia) untuk pengadaan infrastruktur pertukaran baterai.

AHM juga menawarkan skema bisnis Honda PCX Electric dalam bentuk penyewaan kepada perusahaan dalam mendukung operasional bisnis di berbagai lini atau business to bussines(B2B).

Selain itu, pada tahun 2021 AHM juga merilis Honda PCX e:HEV atau bertenaga hybrid yang dijual untuk publik. Pada laman resminya, Honda memasang harga untuk motor ini mulai dari Rp 45.045.000. Motor ini merupakan Honda PCX 160 yang diberikan tenaga hibrida. [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you