leader

Farhana Nariswari, Menangkan ‘Best in Evening Gown’ pada Miss International 2023

Penulis Rahma K
Oct 31, 2023
Farhana Nariswari. (Foto: Instagram/farhanariswari)
Farhana Nariswari. (Foto: Instagram/farhanariswari)

ThePhrase.id – Ajang Miss International 2023 baru saja usai. Perwakilan Indonesia, Farhana Nariswari yang merupakan Puteri Indonesia 2023 turut berpartisipasi dan meramaikan kontes kecantikan yang diadakan di Jepang tersebut.

Meskipun belum berhasil menyabet gelar juara dan menembus 15 besar pada ajang internasional tersebut, Farhana pulang dengan membawa satu dari empat penghargaan khusus, yakni gelar 'Best in Evening Gown, mengalahnya 69 kontestan lainnya dari seluruh dunia.

Penghargaan gaun malam terbaik tersebut ia menangkan dengan menggunakan mahakarya Albert Yanuar dengan tema 'New Beginning' atau awal yang baru. Gaun ini memiliki konsep yang unik, yakni satu gaun memiliki empat tampilan yang berbeda-beda yang didapat dengan bertransformasi.

Farhana Nariswari  Menangkan    Best in Evening Gown    pada Miss International 2023
Farhana Nariswari. (Foto: Instagram/albertyanuarworld)

Dari satu gaun yang dikenakan, Farhana melakukan tiga transformasi menjadi empat tampilan yang spektakuler. Setiap tampilan juga memiliki konsep tersendiri yang merepresentasikan Indonesia. Sementara konsep transformasi yang digunakan memiliki makna setiap manusia mampu bertransformasi menjadi lebih baik.

Terkait keberhasilannya meraih gelar 'Best in Evening Gown' dalam ajang ini, Farhana mengatakan suatu kehormatan untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan cinta dari masyarakat Indonesia meskipun belum berhasil membawa pulang Crown Miss International.

“"Kalau saat hancur, ku disayang.. Apalagi saat ku juara. Sementara dalam hidup ini kita tak selalu menjadi juara, betapa beruntungnya saat ada kasih sayang dan cinta tiada henti dari teman-teman semua..,” ujar Farhana pada laman Instagram resminya.

Tentang Farhana Nariswari

Puteri Indonesia 2023 kelahiran 28 Mei 1996 ini memiliki nama lengkap Farhana Nariswari Wisandana. Ia lahir dan besar di Bandung, serta menempuh pendidikan hingga jenjang sarhana di Bandung. Lebih tepatnya di Universitas Padjadjaran pada Fakultas Kedokteran.

Farhana Nariswari  Menangkan    Best in Evening Gown    pada Miss International 2023
Farhana Nariswari. (Foto: Instagram/farhanariswari)

Lulusan sarjana kedokteran ini aktif dalam berorganisasi. Ia memiliki kemampuan berkomunikasi dan debat yang baik sehingga mengikuti kompetisi seperti Medical Students Association (AMSA) Indonesia National Debate Championship 2018 dan memperoleh penghargaan sebagai 5 besar untuk Best Speaker.

Saat masih duduk di bangku kuliah, ia juga terpilih sebagai Clinical Internship di Neurology Department dari Universitas Roma La Sapienza di Roma, Italia. Selain itu, ia juga terpilih menjadi salah satu delegasi untuk International Federation of Medical Students' Associations (IFMSA) di Komisi Kependudukan dan Pembangunan, Perserikatan Bangsa-bangsa di New York, Amerika Serikat.

Tahun 2018 menjadi tahun di mana Farhana terpilih sebagai juara pertama untuk pemilihan duta Universitas Padjadjaran, Putra Putri Padjajaran 2018. Kariernya pada kontes kecantikan juga dimulai dari pemilihan duta ini. 

Farhana Nariswari  Menangkan    Best in Evening Gown    pada Miss International 2023
Farhana Nariswari. (Foto: Instagram/farhanariswari)

Satu tahun setelahnya di tahun 2019, Farhana mengikuti kompetisi pemilihan duta daerah Kota Bandung Mojang jajaka di mana ia terpilih sebagai pemenang  pertama. 

Naik ke tahap selanjutnya, ia kemudian mengikuti pemilihan Puteri Indonesia Jawa Barat di tahun 2022. Setelah melalui serangkaian tahapan, Farhana berhasil lolos ke tiga besar dan memenangkan posisi kedua, yakni 1st Runner-Up.

Di tahun 2023 ini, Farhana kembali mengikuti Puteri Indonesia Jawa Barat dan berhasil lolos sebagai pemenang. Ia pun berhak mewakili provinsi Jawa Barat pada kontes kecantikan tingkat nasional, Puteri Indonesia 2023.

Sebagai Puteri Indonesia Jawa Barat 1 2023, Farhana menampilkan yang terbaik di ajang Puteri Indonesia 2023. Alhasil, ia dinobatkan dan dimahkotai sebagai Puteri Indonesia 2023. Ia juga mendapatkan penghargaan atau gelar atribut sebagai Puteri Indonesia Intelegensia II, serta berhak maju sebagai wakil Indonesia pada kontes global Miss International 2023. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic