Fitur Polling WhatsApp Hadir untuk Pengguna Indonesia

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Aplikasi berbagi pesan di bawah naungan Meta, Whatsapp nampaknya terus menghadirkan fitur baru guna memberikan kenyamanan lebih pada para penggunanya. Fitur terbaru yang diluncurkan adalah fitur polling atau pengambilan suara.

Foto: Fitur-fitur Baru Whatsapp (dok. WhatsApp)

Fitur ini hadir untuk memudahkan para anggota grup atau komunitas di WhatsApp untuk mengambil keputusan bersama. Sebelumnya, pengguna WhatsApp biasanya menggunakan pesan berantai untuk mencari tahu pendapat mayoritas anggota grup.

Keputusan yang ditentukan juga bisa lebih efektif dan menghemat waktu. Apalagi jika di dalam grup tersebut terdapat puluhan hingga ratusan anggota.

Polling dapat digunakan pada perangkat Android dan iPhone serta pada WhatsApp Web dan PC.

Cara Membuat Polling di WhatsApp

Sebelum mencoba fitur baru tersebut, pastikan aplikasi WhatsApp di smartphone sudah diperbarui ke versi terbaru. Bagi pengguna Android, fitur Polling tersedia di versi aplikasi 2.22.23. Pengguna ponsel iOS dapat menikmati fitur mulai versi 22.23.74.

Fitur polling bisa diakses melalui menu attachment atau lampiran (ikon pin penjepit kertas). Kemudian pengguna dapat memilih menu poll (ikon grafik bar). Setelah itu, pengguna dapat menuliskan pertanyaan yang ingin diajukan dalam polling serta jawaban.

Jumlah opsi jawaban yang tersedia bisa diisi sesuai kebutuhan, minimal terdiri dari dua opsi dan maksimal 10 opsi. Setelah dikirim ke ruang obrolan grup, anggota lain bisa langsung memilih jawaban yang tersedia. Jawaban yang dipilih bisa lebih dari satu, bahkan peserta bisa memilih seluruh jawaban dari opsi yang tersedia.

Polling tersebut dapat dijawab pengguna lain dengan menggeser gelembung chat ke arah kanan. Pengguna juga dapat memberikan reaksi layaknya pesan pada umumnya. Namun, polling tidak bisa diteruskan atau forward ke percakapan lain.

Adapun polling tersebut juga memungkinkan peserta untuk menarik jawaban vote yang sudah dipilih, alias undo jawaban vote. Lalu, polling juga tidak dibatasi oleh tenggat waktu, sehingga bisa dikatakan voting tersebut terbuka dan bisa dipilih setiap saat.

Namun, polling yang sudah dibuat dan dikirim ke ruang obrolan sudah tidak dapat lagi di-edit ulang. Misalnya, menambahkan opsi jawaban lain. Sehingga, pengguna harus membuat ulang polling tersebut. [nadira]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you