ThePhrase.id – Pameran waralaba dan lisensi terbesar di Indonesia, FLEI Business Show 2025 resmi digelar pada 16 - 18 Mei 2025, di Hall B Jakarta International Convention Center (JICC) Senayan.
Mengusung tema “Connecting Business, Driving Growth”, ajang ini jadi wadah strategis untuk menjelajahi peluang usaha dari berbagai sektor serta kesempatan bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan ratusan brand potensial.
Pembukaan FLEI 2025 berlangsung di tengah tantangan ekonomi global. Namun, Indonesia masih menunjukkan ketahanan ekonomi dengan pertumbuhan 4,87% pada kuartal I-2025, menurut data Badan Pusat Statistik.
Sektor perdagangan menempati posisi kedua dalam kontribusi pertumbuhan PDB Indonesia, didukung kuat oleh UMKM dan bisnis waralaba, serta konsumsi rumah tangga yang tetap dominan sebagai penggerak ekonomi. Tak heran, franchise kian dilirik sebagai model bisnis yang relevan dan telah teruji sistemnya untuk menjawab kebutuhan pasar dan membuka lapangan kerja baru.
Melalui FLEI, peluang ini dikemas dalam satu platform yang mempertemukan pelaku industri, investor, dan masyarakat umum dalam suasana edukatif dan kolaboratif.
Menteri UMKM RI, Maman Abdurrahman, menyatakan dukungannya dalam pembukaan FLEI Business Show 2025.
"Pameran ini menjadi wadah penting bagi pencari produk, investor, dan para pemilik merek yang ingin berekspansi. Kami akan terus membuka ruang dan melakukan langkah terobosan agar usaha franchise Indonesia dapat menjadi raja dan pemimpin di pasar domestik,” ujar Maman pada acara pembukaan FLEI Business Show, Jumat (16/05/2025).
Lebih dari 200 brand hadir meramaikan FLEI 2025, mulai dari sektor F&B, otomotif, laundry, ritel, jasa, properti, kecantikan, hingga konsultan bisnis. Beberapa nama besar yang ikut serta antara lain Indomaret, Alfamart, Air Minum Biru, Gramedia, Kopi Sejuta Jiwa, Bakso Kampungqu, Tianlala, KiddyCuts, Nduo Sushi, dan Happy Ice.
Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai program menarik seperti Business Insight Talks, Testimoni Franchisee, Konsultasi Bisnis Gratis, dan Business Matching Program untuk menambah wawasan dan jejaring bisnis bagi pengunjung.
Tak hanya pameran, banyak tenant juga menawarkan promo eksklusif yang hanya berlaku selama event. Mulai dari jaminan uang kembali, bebas biaya franchise, skema cicilan kemitraan, konsep bisnis autopilot, harga spesial, hingga potongan investasi mencapai ratusan juta rupiah. Berbagai keuntungan ini dirancang sebagai peluang untuk membantu calon mitra memulai usaha dengan risiko yang lebih ringan.
FLEI Business Show mendapat dukungan dari berbagai kementerian seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian UMKM, Kementerian Pariwisata, serta Kementerian Ekonomi Kreatif yang mempertegas pentingnya sinergi lintas sektor untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia.
Tahun ini, untuk pertama kalinya Paviliun Kementerian Perdagangan hadir di FLEI untuk memfasilitasi penguatan ekonomi berbasis kemitraan. Tak ketinggalan, asosiasi dan komunitas wirausaha seperti ASEAN Retail-Chains & Franchise Federation (ARFF) dan HIPPINDO turut memperkuat ekosistem kolaboratif FLEI.
"Melalui FLEI Business Show 2025, kami ingin memberikan ruang bagi masyarakat untuk mengenal langsung berbagai brand franchise yang siap bermitra, sekaligus membekali mereka dengan pengetahuan yang dibutuhkan agar bisa memulai bisnis dengan langkah yang tepat," jelas Royanto Handaya, President Direktur Panorama Media.
Tiket serta informasi lebih lanjut mengenai FLEI Business Show 2025 bisa diakses melalui di situs resmi www.franchise-expo.co.id. [fa]