auto

Full Senyum! Fronx Jadi Bintang Baru Suzuki, Sumbang Hampir Separuh Penjualan Mobil Penumpang

Penulis Rahma K
Aug 21, 2025
Suzuki Fronx. (Foto: auto.suzuki.co.id)
Suzuki Fronx. (Foto: auto.suzuki.co.id)

ThePhrase.id – Memasuki semester kedua tahun 2025, Suzuki Fronx muncul sebagai pemain baru yang berhasil menggebrak pasar otomotif nasional. Sejak diluncurkan tiga bulan lalu, SUV bergaya coupe ini langsung menunjukkan capaian yang impresif.

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Fronx menyumbang 28 persen dari total penjualan ritel Suzuki sekaligus menguasai 47 persen pangsa pasar mobil penumpang. Capaian ini diklaim menegaskan bahwa Fronx bukan sekadar model baru, melainkan menjadi salah satu pilar utama strategi penjualan Suzuki di Indonesia.

Keunggulan Fronx tak hanya terletak pada desainnya yang modern, tetapi juga teknologi hybrid yang menjadi daya tarik besar bagi konsumen. Hal ini dibuktikan dari 89 persen unit yang terjual merupakan varian hybrid, menandakan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap efisiensi bahan bakar serta isu lingkungan. Dalam waktu singkat, Fronx bahkan menjadi tulang punggung utama penjualan hybrid Suzuki dengan kontribusi 62 persen.

"Pencapaian penjualan ritel Suzuki Juli lalu adalah bukti nyata dari strategi produk kami yang tepat sasaran dan keberanian dalam menghadirkan inovasi," ujar Randy R. Murdoko, Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). "Suzuki Fronx membuktikan bahwa kami tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga memimpinnya. Kami sangat optimistis momentum positif ini akan terus berlanjut,” tambah Randy.

Lebih lanjut, dijelaskan juga bahwa kesuksesan penjualan Fronx mencuat di ajang GIIAS 2025, yang mana mobil ini juga menjadi penyumbang penjualan Suzuki dengan porsi 38 persen dari total unit terjual.

Kesuksesan ini turut dilengkapi dengan penghargaan Favorite Passenger Car Crossover, yang mencerminkan apresiasi langsung dari konsumen terhadap kualitas dan inovasi dari model baru ini.

Berkat dorongan kuat dari Suzuki Fronx, total penjualan ritel Suzuki pada Juli 2025 meningkat 20 persen dibanding bulan sebelumnya hingga menembus lebih dari 5.500 unit. Pertumbuhan juga tercermin pada lini lain.

Kategori mobil penumpang naik 17 persen dan berkontribusi 60 persen terhadap total penjualan, sementara segmen komersial melonjak 26 persen berkat New Carry. Kombinasi ini mengukuhkan posisi Suzuki di jajaran tiga besar pasar otomotif nasional.

Sementara itu untuk kendaraan yang ramah lingkungan, sepanjang Juli 2025, varian hybrid menyumbang 68 persen dari total penjualan ritel mobil penumpang Suzuki, mencerminkan kepercayaan konsumen pada teknologi hemat energi yang tetap memberikan performa optimal.

Dengan pertumbuhan yang stabil, Suzuki optimis tren positif ini akan berlanjut hingga akhir tahun. Fokus pada pengembangan kendaraan ramah lingkungan, variasi produk yang lebih luas, serta peningkatan kualitas layanan purnajual akan menjadi kunci memperkuat posisi Suzuki di Indonesia. [rk]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic