lifestyleFashion

Gaya Rambut Hime Cut Kembali Naik Daun, Ini Penjelasan dan Sejarahnya!

Penulis Rahma K
Oct 28, 2023
Eunchae LESSERAFIM (kiri), Suzy (tengah), dan Seeun STAYC (kanan). (Foto: Instagram)
Eunchae LESSERAFIM (kiri), Suzy (tengah), dan Seeun STAYC (kanan). (Foto: Instagram)

ThePhrase.id – Seperti tren fashion, tren gaya rambut juga terus berputar. Belakangan ini, gaya rambut potongan hime atau hime cut yang sempat populer beberapa tahun lalu kembali naik dan trendi.

Potongan rambut hime kembali tenar kali ini dan digunakan oleh orang di seluruh dunia berkat aktris dan idol K-pop, Bae Suzy. Suzy baru saja membintangi serial Netflix baru yang berjudul Doona! (2023) dan menjadi salah satu drama Korea yang viral.

Dalam serial tersebut, terlihat rambut Suzy menggunakan hime cut yang sempat populer di kalangan idol K-Pop dan artis Korea Selatan. Diketahui, beberapa idol K-Pop dan aktris top telah ‘mencicipi’ potongan rambut ini.

Gaya Rambut Hime Cut Kembali Naik Daun  Ini Penjelasan dan Sejarahnya
Bae Suzy. (Foto: Instagram/skuukzky)

Sebut saja seperti Seeun STAYC, Momo TWICE, Eunchae LESSERAFIM, Bomi APink, Irene RED VELVET, Hyeri, Song Hye Kyo, Miyeon (G)I-DLE, Haerin NewJeans, Mimi OH MY GIRL, Taeyeon SNSD, Hyuna, Yuju Gfriend, dan masih banyak lagi.

Sekarang, potongan ini kembali menjadi tren dan digunakan bukan hanya oleh para selebriti tetapi juga perempuan di berbagai negara.

Apa itu hime cut?

Potongan hime adalah gaya rambut yang terdiri dari rambut di sekitar wajah dekat telinga dipotong seukuran pipi atau leher, tetapi bagian rambut lainnya dibiarkan panjang. Biasanya, potongan ini juga dilengkapi dengan poni pagar yang menutupi dahi.

Dengan begitu, hime cut identik dengan gaya rambut yang membingkai wajah dari atas melalui poni pagar, dan dari samping kanan serta kiri. Potongan di kanan dan kiri ini umumnya rata tanpa layer.

Gaya Rambut Hime Cut Kembali Naik Daun  Ini Penjelasan dan Sejarahnya
Eunchae LESSERAFIM. (Foto: Instagram/hhh.e_c.v)

Namun, semakin tren gaya rambut ini digunakan oleh banyak orang, semakin beragam pula variasinya. Kini, tak semua hime cut menggunakan poni pagar. Banyak orang yang tak memiliki poni hanya memotong rambut bagian kanan dan kiri depannya se-pipi saja untuk menciptakan model potongan hime.

Selain itu, biasanya sisa rambut yang tak dipotong dibiarkan terjuntai panjang dengan lurus. Namun, saat ini, banyak juga variasi hime cut yang membiarkan rambut sisanya bergelombang dan tidak lurus. Banyak juga yang menguncir atau membuat kepangan, menyisakan poni dan hime di sisi kanan dan kiri wajah.

Sejarah hime cut

Seperti yang dapat ditebak melalui namanya, hime cut berasal dari Jepang. Dalam bahasa Jepang, hime cut secara harfiah berarti 'potongan putri'. Menarik garis sejarah, model potongan ini dikatakan berasal dari periode Heian yang berkisar pada sekitar tahun 794-1185. 

Disebut potongan putri karena nama potongan ini diasosiasikan dengan putri-putri bangsawan periode Heian dan penggambaran mereka di media dengan gaya rambut tersebut. Menurut Profesor Tomita dari Yamano College of Aesthetics, potongan ini berasal dari bangsawan di zaman Heian Jepang tersebut.

Gaya Rambut Hime Cut Kembali Naik Daun  Ini Penjelasan dan Sejarahnya
Seeun STAYC. (Foto: Instagram/stayc_highup)

Namun, pada saat itu, potongan ini tidak disebut dengan nama hime cut, melainkan amasogi. Pada periode tersebut, bangsawan perempuan kerap memanjangkan rambut mereka. Tetapi saat menginjak usia 16 tahun, rambut di sekitar telinga mereka akan dipotong lebih pendek dari sisa rambutnya.

Pemotongan tersebut dilakukan pada sebuah upacara yang disebut binsogi. Pada zaman Edo, upacara ini dilakukan pada tanggal 16 Juni dan pada usia 16 tahun. Tunangan dari seorang perempuan, ayah, atau saudara laki-lakinya yang akan memotong rambutnya.

Itu dia ulasan tentang gaya rambut hime cut yang tengah populer dan kembali naik daun karena keunikannya. Apakah kamu tertarik untuk mencoba? [rk]

 
Related News
Popular News
 

News Topic