auto

GIIAS 2023 Resmi Dibuka, Menko Airlangga Targetkan Transaksi dan Unit Terjual Lebih Banyak

Penulis Rahma K
Aug 10, 2023
GIIAS 2023 Resmi Dibuka, Menko Airlangga Targetkan Transaksi dan Unit Terjual Lebih Banyak

ThePhrase.id – Pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2023 ini secara resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Kamis, 10 Agustus 2023 di ICE BSD, Tangerang.

Penyelenggaraan pameran ke-30 ini akan berlangsung dari tanggal 10 hingga 20 Agustus 2023 dengan tema 'Future Now'. Menko Airlangga mengatakan dengan tema ini, GIIAS 2023 diharapkan menghasilkan 'performa' yang lebih baik dari tahun lalu.

Menko Airlangga juga menekankan bahwa GIIAS 2022 berhasil  membukukan transaksi Rp14,3 triliun dan menjual lebih dari 26 ribu unit. Maka dari itu, ia berharap tahun ini targetnya lebih baik.

"Saya rasa tahun ini juga minimal targetnya lebih baik. Karena judulnya 'The Future Is Now', the future (masa depan) itu harus lebih baik dari tahun lalu," ungkapnya pada acara pembukaan GIIAS 2023 yang juga diikuti dengan secara resmi membuka pameran ini.

Selain itu, Menko Airlangga juga mengatakan bahwa pemerintah terus mendorong pertumbuhan sektor otomotif dan juga ekspor. Terkait ekspor, ia mengatakan bahwa tahun lalu ekspor kendaraan dari Indonesia mencapai angka 470 ribu unit. Targetnya, di tahun ini meningkat hingga 500 ribu. Namun, Menko Airlangga mengatakan bahwa target ini tergolong kecil, karena hanya meningkat 30 ribu dari 470 ribu. 

GIIAS 2023 Resmi Dibuka  Menko Airlangga Targetkan Transaksi dan Unit Terjual Lebih Banyak
Opening Ceremony GIIAS 2023 oleh Menko Airlangga Hartarto dan Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi, hadir juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Kamis (10/8/23). (Foto: dok. ThePhrase.id)

"Kalau tahun lalu ekspornya 470 ribu, tahun ini targetnya 500 ribu kan sebetulnya kecil. Dari 470 ke 500 ribu nambahnya cuma 30 ribu. Jadi itu kecil, mudah-mudahan ini menunjukkan bahwa kita mempunyai daya saing yang kuat dan mengekspor ke 93 negara," ungkapnya.

Menko Airlangga juga menegaskan bahwa daya saing ekspor Indonesia meningkat sepuluh tingkat, dari 44 menjadi 34. 

Terakhir, Menko Airlangga menyampaikan bahwa pemerintah mendorong penurunan karbon dengan kendaraan listrik. Terlebih lagi, pada pameran GIIAS tahun ini, terdapat beberapa brand kendaraan listrik baru yang akan diperkenalkan pada masyarakat.

Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah telah memberikan berbagai insentif terkait kendaraan listrik untuk masyarakat. Namun, dari segi jumlah unit yang terjual dan digunakan masyarakat masih relatif rendah.

"Oleh karena itu kami apresiasi penyelenggaraan pameran GIIAS dengan tema 'The Future Is Now'," tutur Menko Airlangga.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan bahwa setiap penyelenggaraan GIIAS memberikan berbagai capaian dan karya industri otomotif Indonesia. 

GIIAS 2023 Resmi Dibuka  Menko Airlangga Targetkan Transaksi dan Unit Terjual Lebih Banyak
Menko Airlangga Hartarto di GIIAS 2023, Kamis (10/8/23). (Foto: dok. ThePhrase.id)

Nangoi melanjutkan bahwa seluruh hasil positif yang dicapai industri otomotif Tanah Air ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah.

"Sebuah kebanggaan bagi Gaikindo di setiap penyelenggaraannya telah memberikan berbagai capaian dan karya industri dan otomotif Indonesia. Tentu saja, seluruh hasil positif yang dicapai industri otomotif Indonesia tidak lepas dari dukungan pemerintah Republik Indonesia," ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa industri ini berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik, bahkan melebihi capaian sebelum pandemi. Untuk itu, ia menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perindustrian yang senantiasa memberikan dukungan.

Pada penyelenggaraan GIIAS tahun ini, 49 merek kendaraan bermotor, termasuk 29 merek kendaraan penumpang akan berpartisipasi. Jumlah ini menjadi yang terbanyak dari sebelumnya.

Merek-merek yang akan berpartisipasi adalah Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling untuk kendaraan penumpang.

Sementara itu, untuk merek kendaraan komersial adalah Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Dan, 15 merek dari kendaraan roda dua adalah Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic