auto

Hyundai Recall Mobil Listrik Ioniq 5 dan Ioniq 6, Apa Alasannya?

Penulis Rahma K
May 10, 2024
Hyundai Ioniq 6. (Foto: Instagram/hyundaimotorindonesia)
Hyundai Ioniq 6. (Foto: Instagram/hyundaimotorindonesia)

ThePhrase.id – Di awal Mei 2024 ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) melakukan recall untuk unit Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 yang beredar di Indonesia sejak diluncurkan.

Hal ini berkaitan dengan pembaruan software komponen Integrated Charge Control Unit (ICCU) pada Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 sebagai upaya meningkatkan kualitas pengisian baterai pada kendaraan listrik agar lebih optimal.

ICCU sendiri merupakan komponen yang mengatur dan mengontrol proses pengisian daya baterai pada mobil listrik Hyundai. Saat komponen ini terkendala, maka dapat memunculkan masalah seperti daya tidak terisi atau pengisian daya yang lambat.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia mengatakan recall untuk pembaruan software pada komponen ICCU dilakukan demi pengalaman pengisian baterai yang seamless dan lebih optimal.

"Sebagai customer-centric brand dan sesuai dengan inisiatif global, Hyundai selalu memposisikan keamanan dan kenyamanan pelanggan sebagai fokus utama kami. Pada kesempatan kali ini kami mengajak para pemilik Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 di Indonesia untuk dapat melakukan pembaruan software pada komponen ICCU untuk pengalaman pengisian baterai yang seamless dan lebih optimal,’ ujarnya. 

Ia menambahkan akan terus melakukan pemantauan secara berkala terkait pembaruan software pada kendaraan listrik Hyundai untuk memberikan peace of mind bagi seluruh pelanggan.

Hyundai Recall Mobil Listrik Ioniq 5 dan Ioniq 6  Apa Alasannya
Hyundai Ioniq 5. (Foto: Instagram/hyundaimotorindonesia)

Adapun, aktivitas recall campaign ini meliputi proses pengecekan hingga pengerjaan yang hanya berlangsung sekitar kurang lebih 20 menit dan dilakukan oleh teknisi tersertifikasi dari Hyundai global. 

Pelanggan dapat melakukan pembaruan software di dealer resmi Hyundai dan berhak menerima pemeriksaan menyeluruh tanpa dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Unit yang dipanggil untuk recall adalah Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 yang diproduksi sejak Maret 2022 hingga April 2024. Diperkirakan, jumlah unit yang direcall mencapai lebih dari 9.000 unit.

Hyundai berupaya untuk menginformasikan publik pemilik Ioniq 5 dan 6 melalui berbagai saluran komunikasi, di antaranya melalui surat resmi, media massa, hingga website Hyundai. Call center HMID juga secara proaktif menghubungi pelanggan pemilik Ioniq 5 dan 6 untuk melakukan pembaruan software pada komponen ICCU.

Pelanggan yang ingin memperoleh informasi lebih lengkap dan tersedia 24 jam dapat menghubungi Hyundai Call Center di 0 800 1 878 878 (bebas pulsa).

"Sebagai informasi, pembaruan software untuk kendaraan listrik dirilis oleh Hyundai Global ditujukan khusus pada negara dengan Vehicle Identification Number (VIN) tertentu berdasarkan kebutuhan dan improvement untuk pengalaman berkendara yang worry-free," tutup Frans. [rk]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic