ThePhrase.id – Para penggemar otomotif pasti sudah tak asing lagi dengan istilah facelift dan all new pada sebuah mobil. Tetapi, masyarakat umum yang tak familier dengan industri otomotif mungkin masih belum mengetahui.
Apa arti dari mobil facelift dan mobil all new? Dan apa perbedaan antara keduanya? Tak sedikit orang awam yang salah memahami kedua istilah ini. Agar tak lagi penasaran dan mendapatkan pemahaman yang benar, yuk simak perbedaannya!
Saat sebuah pabrikan otomotif meluncurkan sebuah produk, istilah facelift sering dijumpai. Facelift memiliki arti penyegaran atau pembaruan dari sebuah produk atau model mobil yang sudah ada. Penyegarannya berbentuk minor.
Sementara itu, kita juga sering menjumpai sebuah mobil yang diluncurkan tetapi menggunakan istilah all new. All new artinya mobil tersebut mendapatkan perubahan besar yang semuanya baru. Maka dari itu sesuai dengan namanya, all new atau semua baru. Perubahan ini merupakan awal dari generasi baru dari mobil tersebut.
Dari sisi teknis, perubahan yang didapatkan sebuah produk facelift meliputi perubahan desain seperti dari sisi interior maupun eksteriornya. Sebagai contoh, perubahan ini meliputi desain grille, headlight, tail light, strip mobil, dan lain-lain yang baru. Penyegaran ini tidak membuat orang pangling karena tampilannya yang berubah drastis, tetapi tetap 'menyegarkan' tampilan.
Sementara itu, perubahan pada all new meliputi keseluruhan pada mobil dimulai dari interior, eksterior, fitur-fitur, teknologi, hingga ke bagian-bagian seperti rangka kendaraan, kode sasis, dan lain-lain. Maka dari itu, perubahan all new juga dikatakan sebagai generasi baru dari sebuah model karena akan membuat orang pangling dengan perbedaannya dari generasi sebelumnya. Tak hanya dari sisi tampilannya, tetapi juga dari sisi fitur dan teknologi yang semakin canggih, mengikuti zaman dan tren.
Tentu saja pabrikan otomotif memiliki tujuan memberikan perubahan pada sebuah model. Untuk facelift, tujuan pembaruan ini adalah untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan update yang up-to-date dengan selera pasar. Brand ingin mempertahankan daya tarik sebuah model yang belum mendapatkan perubahan all new, tetapi masih mengikuti perkembangan desain yang terkini.
Sementara itu, perubahan all new merupakan perubahan yang mendasar dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk kemudian dikeluarkan. Karena, perubahan ini membutuhkan riset yang mendalam agar dapat diterima oleh publik secara luas.
Terkait harganya, perubahan facelift tentu hanya akan memiliki selisih yang kecil dari model yang sebelumnya karena perubahannya bersifat minor. Sedangkan all new akan dijual dengan harga yang lebih tinggi karena diperkenalkan sebagai generasi yang benar-benar baru. Sehingga, meskipun harganya lebih tinggi masyarakat tetap tertarik untuk membeli.
Nah, sekarang kamu sudah mengetahui perbedaan antara facelift dan all new pada perbuahan sebuah mobil. Mobil apa yang kamu ingin lihat perubahan facelift atau all new-nya? [rk]