politics

Jubir-Jubir Ganteng Tim Pemenangan Capres-Cawapres di Pilpres 2024

Penulis Rahma K
Nov 23, 2023
Tomy Ristanto (kiri), Budisatrio Djiwandono (tengah), Aiman Witjaksono (kanan). (Foto: Instagram)
Tomy Ristanto (kiri), Budisatrio Djiwandono (tengah), Aiman Witjaksono (kanan). (Foto: Instagram)

ThePhrase.id – Tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) telah mengumumkan tim pemenangan termasuk juru bicara (jubir). Beberapa di antara jubir-jubir yang telah ditunjuk adalah sosok yang tak hanya cerdas tetapi juga berparas ganteng.

Sebut saja Tomy Ristanto sebagai jubir Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin (Timnas AMIN), Budisatrio Djiwandono sebagai jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Aiman Witjaksono sebagai jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pilihan ini merupakan hal yang wajar, dikarenakan para jubir harus memiliki magnet yang kuat untuk menarik perhatian dan minat publik untuk memilih pasangan capres-cawapres yang diusungnya. Lantas, seperti apa sosok para jubir ini? Yuk simak!

1. Tomy Ristanto - Jubir Timnas AMIN

Jubir Jubir Ganteng Tim Pemenangan Capres Cawapres di Pilpres 2024
Tomy Ristanto. (Foto: Instagram/tomrist_)

Tomy Ristanto adalah sosok cukup terkenal di dunia jurnalistik dan broadcasting. Pengalamannya mencakup sebagai jurnalis, presenter, reporter, hingga produser program berita. 

Sepak terjangnya ia bekali dengan pendidikan S-1 hukum di Universitas Islam Indonesia, dan gelar magister yang berfokus pada komunikasi politik dari Paramadina Graduate School.

Pria kelahiran Lampung, 6 Maret 1982 ini memulai kariernya di dunia broadcasting pada tahun 2004. Sederet stasiun televisi ternama menjadi tempatnya menimba ilmu dan menggali kemampuan, mulai dari Metro TV, Trans7, hingga NET.

Belasan tahun berkarier sebagai reporter, presenter, hingga produser membuat pria penggemar olahraga bulu tangkis dan lari ini menjadi sosok yang diperhitungkan dan inspiratif.

Berkat pengalaman, keahlian, dan kecerdasannya, pada tahun 2019, Tomy terpilih menjadi moderator Debat Calon Presiden Indonesia 2019 yang kelima atau yang terakhir. Rupanya, menjadi moderator debat capres telah menjadi impian sang pemilik senyum hangat ini sejak masih duduk di bangku kuliah. 

Impiannya yang terwujud membuat Tomy mempersiapkan berbagai hal untuk kesempatan tersebut. Salah satu hal unik yang ia persiapkan adalah mengunyah kencur untuk menjaga suara. Alhasil, suara menggelegar pemilik paras tampan ini menjadi salah satu sorotan debat tersebut.

2. Budisatrio Djiwandono - Jubir TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Jubir Jubir Ganteng Tim Pemenangan Capres Cawapres di Pilpres 2024
Budisatrio Djiwandono. (Foto: Instagram/budidjiwandono)

Sosok ponakan dari Prabowo Subianto, Budisatrio Djiwandono yang kerap tertangkap kamera karena berada di sekitar sang capres menjadi sorotan publik dan membuat masyarakat Indonesia salah fokus alias salfok karena ketampanannya.

Pemilik nama lengkap Gerardus Budisatrio Djiwandono ini ternyata merupakan seorang politikus dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Saat ini ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Pada Jumat, 23 September 2022 lalu, Budi ditunjuk sebagai salah satu juru bicara dari Badan Pemenangan Pemilu Partai Gerindra pada Rapat Badan Pemenangan Pemilu partai tersebut. Setelah Prabowo Subianto mengumumkan wakilnya, maka Budi turut menjadi jubir TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pemilihan Budi sebagai jubir bukan tanpa alasan. Menurut Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, Budi dinilai dapat menjangkau para pemilih muda. Hal ini tak perlu dipertanyakan, sebab Budi adalah sosok yang cerdas, berwibawa, berpengalaman, dan berparas ganteng.

Karier politiknya ia mulai saat menjadi Anggota DPR-RI Pergantian antarwaktu (PAW) menggantikan Luther Kombong yang meninggal dunia pada Juni 2017. Setelah itu, ia terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 yang membawahi bidang Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kelautan dan Perikanan.

Diketahui, pria kelahiran 25 September 1981 ini juga merupakan sosok yang aktif di berbagai organisasi. Bahkan, pada tahun 2023 ini Budi turut menjadi Ketua Panitia Pelaksana Lokal (LOC) FIBA World Cup 2023 yang berlangsung di Indonesia.

3. Aiman Witjaksono - Jubir TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Jubir Jubir Ganteng Tim Pemenangan Capres Cawapres di Pilpres 2024
Aiman Witjaksono. (Foto: Instagram/aimanwitjaksono)

Paras tampan dari sosok Aiman Adi Witjaksono pasti tak lagi asing bagi masyarakat Indonesia. Ia merupakan seorang jurnalis senior yang juga merupakan pembawa berita yang kerap menyapa publik di berbagai program televisi.

Sepak terjangnya di dunia jurnalistik ia mulai pada tahun 2002 di stasiun televisi RCTI setelah lulus dari Telkom University pada jurusan Teknik Industri. Selain RCTI, Aiman mengembangkan sayapnya di berbagai stasiun televisi lain, yakni TVRI, Kompas TV, dan MNC Group.

Pria yang menekuni hobi seni bela diri ini memulai dari nol hingga menjadi pembawa acara program dengan namanya sendiri. Bahkan, di MNC Group, Aiman sempat menjabat sebagai Pemimpin Redaksi SindonewsTV, dan Wakil Pemimpin Redaksi iNews.

Tetapi pada awal November 2023 ini, Aiman meninggalkan kariernya sebagai pewarta untuk terjun ke dunia politik. Pria kelahiran 8 Juli 1978 ini menepati janjinya untuk mundur dari profesi wartawan jika namanya masuk dalam Daftar Calon Anggota Legislatif Tetap (DCT) oleh KPU.

Diketahui, namanya terpilih sebagai salah satu Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Perindo untuk Daerah Pemilihan Jakarta Timur (DKI Jakarta 1). Ia juga kemudian ditunjuk sebagai salah satu juru bicara paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkat pengalamannya yang melimpah dan pesonanya yang digemari publik. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic