lifestyle

Kamu Harus Tahu! Ini 5 Manfaat Teh Kombucha untuk Kesehatan

Penulis Rahma K
Aug 13, 2023
Ilustrasi teh kombucha. (Foto: Freepik)
Ilustrasi teh kombucha. (Foto: Freepik)

ThePhrase.id – Teh kombucha adalah salah satu minuman hasil fermentasi yang dikenal akan khasiat baiknya untuk kesehatan tubuh dan telah lama dikonsumsi oleh manusia di seluruh dunia.

Disebut juga dengan nama teh jamur, teh ini dapat dihasilkan melalui proses fermentasi, di mana teh dan beberapa bahan lain seperti ragi dan gula dicampurkan dan difermentasi selama satu minggu atau lebih.

Dari proses fermentasi tersebut, muncul bakteri, zat asam, dan juga sedikit alkohol yang membuatnya menjadi teh kombucha. Rasa dari teh ini khas dan unik, yakni asam, manis, berkarbonasi ringan, beraroma kuat, dan memberikan sensasi yang segar.

Selama lebih dari 2.000 tahun, masyarakat Tiongkok telah mengonsumsi teh ini karena dipercaya dapat memberikan beragam manfaat kesehatan tubuh. Ini dikarenakan kandungan-kandungannya seperti antioksidan, probiotik, vitamin B, natrium, dan gula. 

Lantas, apa saja manfaatnya bagi tubuh? Berikut ini adalah lima manfaat teh kombucha yang telah dirangkum oleh ThePhrase.id, yuk simak!

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Untuk orang-orang yang memiliki permasalahan pencernaan, teh satu ini cocok untukmu! Kandungan probiotik menjadi kunci dari manfaat ini. Masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, radang usus, juga dapat diatasi. 

Selain itu, dilansir dari Katadata.co.id, sebuah studi dalam Food Microbiology menyebutkan bahwa ditemukan populasi Lactobacillus yang banyak dalam kombucha. Seperti yang telah diketahui, Lactobacillus adalah jenis probiotik yang baik untuk menstabilkan saluran pencernaan. 

2. Menjaga kesehatan hati

Tahukah kamu? Teh jamur ini ternyata juga memiliki manfaat yang berhubungan dengan organ hati. Kandungan antioksidan dan probiotik pada minuman ini dapat bantu proses pembuangan zat beracun pada organ hati atau mendetoks. Sehingga, dapat membuat terhindar dari risiko penyakit yang menyerang organ ini.

3. Mengontrol gula darah

Teh ini juga diketahui dapat mengontrol kadar gula darah. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan pada hewan percobaan, kombucha diketahui dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh, yang mana dianggap dapat mengurangi kadar gula darah.

4. Mencegah penyakit dan meningkatkan imun tubuh

Kandungan antioksidan dalam teh ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Secara bersamaan, kandungan ini juga dapat membantu meningkatkan imun dan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, hingga memerangi bakteri jahat yang menyebabkan infeksi. 

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Komucha juga dikatakan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker dan penyebarannya dalam tubuh. Tentu manfaat ini didapat berkat kandungan antioksidan, lebih tepatnya antioksidan polifenol yang ada di dalam teh tersebut. Seperti yang diketahui, antioksidan dapat bantu membersihkan tubuh dari radikal bebas dan zat berbahaya penyebab kanker. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic