ThePhrase.id – Minuman bukanlah lagi sekadar cairan untuk melepas dahaga, melainkan juga sebagai sebuah gaya hidup dan teman saat melakukan aktivitas. Meningkatnya tren bisnis minuman di Indonesia mendorong Kathleen Gondoutomo mendirikan sebuah bisnis minuman bernama H! Cups (dibaca Hi Cups).
Kathleen mendirikan H! Cups pada tahun 2019 dan saat ini telah memiliki 40 cabang dengan penjualan mencapai 120.000 gelas setiap bulannya. Uniknya, bisnis yang dirintisnya ini mengusung program women empowerment atau pemberdayaan perempuan.
Beberapa minuman H! Cups. (Foto: Instagram/hiccups.official)
Hal ini Kathleen terapkan pada bisnis yang didirikannya setelah melihat banyak perempuan yang mengalami hambatan di dunia kerja karena tingkat pendidikan yang rendah.
"Saya melihat tingkat pendidikan yang rendah dan skill atau keterampilan kerja yang sangat minim, sehingga menyebabkan perempuan sering kurang dihargai dan terkadang mengalami kesulitan saat memasuki dunia kerja," ujar Kathleen, dilansir dari swa.
Menurut Kathleen, dilansir dari kumparan, perempuan harus dilibatkan sebagai salah satu komponen pembangunan bangsa. Namun, fenomena yang ia lihat di daerah-daerah di Indonesia menghambat keterlibatan perempuan dalam dunia kerja.
Kathleen Gondoutomo. (Foto: Instagram/kgondou)
Dalam memberdayakan perempuan ini, Kathleen dan timnya melakukan serangkaian pelatihan seperti dasar pemasaran, pengenalan pembuatan produk, penulisan laporan keuangan sederhana, dan sistem pembayaran serta perbankan digital.
Harapannya, selepas diberi pelatihan dan pembinaan, para perempuan ini dapat meningkatkan potensi mereka sehingga dapat bersaing di dunia kerja. Saat ini H! Cups telah memberdayakan lebih dari 150 wanita.
Perempuan yang merupakan sarjana dari Cornell University, Amerika Serikat di bidang Food Science ini memanfaatkan ilmunya untuk mendirikan bisnis minuman tersebut. Menurutnya, H! Cups bisa menjadi brand non-franchise terbesar di Indonesia, melihat tren anak muda yang gemar menikmati minuman gelasan dalam menjalani aktivitas hariannya.
Kathleen Gondoutomo sebagai salah satu Forbes 30 under 30 Asia 2021. (Foto: forbes.com)
Berkat inovasinya tersebut, Kathleen dinobatkan sebagai salah satu dari 30 under 30 Asia 2021 oleh Forbes pada kategori The Arts. Dalam laman resmi Forbes, Kathleen dinobatkan titel ini karena berhasil memulai bisnis H! Cups dan membuatnya menjadi bisnis berprofit setelah satu tahun dengan memberdayakan wanita pengangguran di kota-kota lapis dua dan ketiga di seluruh Indonesia. [rk]