Kelopak Bunga Mawar Bisa Dikonsumsi? Ini Khasiatnya!

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Bunga mawar yang cantik  biasanya diberikan kepada orang-orang terdekat sebagai tanda kasih sayang. Selain itu, mawar juga kerap digunakan sebagai dekorasi yang mempercantik rumah. Tetapi, tahukah kamu kalau bunga mawar dapat dikonsumsi?

Bagian kelopak dari bunga mawar ternyata dapat dikonsumsi, loh. Biasanya, kelopak tersebut dicampur pada makanan seperti salad, dijadikan sebagai topper pada hidangan manis seperti kue dessert, dicampur bersama makanan kering, diseduh sebagai teh, dan lain-lain.

Ilustrasi bunga mawar. (Foto: pexels/picjumbo)

Eits, jangan takut. Kelopak mawar memang aman untuk dikonsumsi. Dilansir dari Healthline, terdapat lebih dari 150 spesies bunga mawar yang ada di Bumi dengan bentuk dan warna yang berbeda-beda.  Semua spesies tersebut bisa dikonsumsi, tetapi dengan rasa yang berbeda-beda. Cara membedakan rasa kelopak mawar yang enak adalah yang wanginya harum.

Rasa dari kelopak mawar kurang lebih adalah aromatik, sama seperti wanginya, dan memiliki sedikit rasa manis. Bahkan, kelopak mawar ini juga dapat dikonsumsi secara langsung setelah dibersihkan.

Bukan hanya sekadar dapat dikonsumsi, kelopak bunga mawar juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, loh! Kalori dari bunga ini sangat rendah dan mengandung 95 persen air. Mawar juga disebutkan memiliki kandungan antioksidan tinggi, vitamin C, dan zink.

Dikutip dari laman Klikdokter, bunga mawar telah digunakan sebagai salah satu bahan untuk pengobatan kuno Tiongkok untuk mengatasi masalah pencernaan, mengurangi sakit akibat cedera, dan masalah menstruasi.

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat berbagai khasiat kelopak mawar seperti:

1. Melancarkan saluran pencernaan

Kandungan pada bunga mawar dikatakan memiliki fungsi yang mirip dengan zat laksatif. Mawar  dapat meningkatkan produksi air pada saluran pembuangan tubuh, sehingga melancarkan pencernaan. Cocok banget nih untuk kamu yang memiliki masalah susah buang air besar.

Ilustrasi kelopak bunga mawar. (Foto: pixabay/JillWellington)

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Khasiat kelopak mawar juga dapat dirasakan dari kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat menangkal radikal bebas pada tubuh yang jika dibiarkan dapat memicu penyakit. Maka dari itu, mawar dikatakan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar tetap fit.

3. Menyembuhkan luka

Seperti yang digunakan sebagai obat tradisional asal Tiongkok, mawar juga dapat membantu menyembuhkan luka. Hal ini dikarenakan kelopak mawar memiliki zat antiseptik dan antibakterial yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Luka yang dapat disembuhkan juga mulai dari luka gores, hingga luka bakar. Kandungan tersebut juga dapat merangsang produksi histamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain untuk kesehatan tubuh,  bunga mawar juga telah digunakan sebagai produk kecantikan yang dipercaya berkhasiat bagi kulit. Beberapa manfaat bagi kulit adalah seperti mencerahkan kulit,  membuat kulit lebih halus, dan melembabkan kulit secara alami. [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you