leader

Kerap Bintangi Drakor yang Populer di Kancah Global, Kepoin Profil Wi Ha Joon!

Penulis Rahma K
Jan 11, 2024
Wi Ha Joon. (Foto: Instagram/wi__wi__wi)
Wi Ha Joon. (Foto: Instagram/wi__wi__wi)

ThePhrase.id – Nama Wi Ha Joon kini tak asing bagi para pecinta drama Korea di seluruh dunia. Aktor berusia 32 tahun ini kerap muncul di serial demi serial sehingga namanya makin melejit dan dikenal di kancah global.

Pada tahun 2023, Wi Ha Joon berperan pada dua drama Korea yang merupakan serial web. Keduanya ia bintangi bersama aktor-aktris top Korea Selatan, yakni The Worst of Evil (2023) bersama Ji Chang Wook, dan Gyeongseong Creature (2023) bersama Park Seo Joon dan Han So Hee.

Kedua serial ini memang membuat pamornya meroket karena tayang di streaming platform besar seperti Disney+ dan Netflix, tetapi sebelumnya Wi Ha Joon telah terlebih dahulu dikenal berkat salah satu serial web mendunia, yaitu Squid Game (2021).

Kerap Bintangi Drakor yang Populer di Kancah Global  Kepoin Profil Wi Ha Joon
Wi Ha Joon. (Foto: Instagram/wi__wi__wi)

Pada tahun 2021, Ha Joon memerankan karakter Hwang Jun Ho yang memegang peran penting dalam serial Squid Game. Ia berperan sebagai seorang anggota kepolisian yang menyelinap ke dalam permainan misterius sebagai penjaga untuk menemukan saudaranya yang hilang.

Berkat ketenaran serial ini yang meledak di seluruh dunia, hingga masuk dalam nominasi penghargaan bergengsi Hollywood seperti Primetime Emmy Awards, Golden Globe Awards, Screen Actors Guild Awards, maka pamor pemerannya turut meroket, termasuk Wi Ha Joon.

Setelah Squid Game, aktor kelahiran 5 Agustus 1991 ini tak main-main dalam mengambil karya dan peran. Karya yang dipilih sebagai proyek selanjutnya terbukti meraih ketenaran global seperti Bad and Crazy (2021-2022), Little Women (2022), The Worst of Evil (2023), dan Gyeongseong Creature (2023).

Kerap Bintangi Drakor yang Populer di Kancah Global  Kepoin Profil Wi Ha Joon
Wi Ha Joon. (Foto: Instagram/wi__wi__wi)

Meskipun saat ini Wi Ha Joon termasuk dalam deretan aktor top Korea Selatan, perjalanan untuk mencapai tahap ini tidaklah mudah. Ia telah meniti kariernya di industri hiburan sejak tahun 2012 dan juga menempuh pendidikan di bidang teater dan film pada Sungkyul University.

Aktor yang berasal dari Wando, Provinsi Jeolla, Korea Selatan ini diketahui telah memiliki cita-cita menjadi artis sejak kecil. Ia menekuninya dengan mengambil studi jenjang tinggi di Sungkyul University pada bidang teater dan film.

Namun, sebelum berminat untuk terjun ke dunia peran sebagai aktor, Ha Joon terlebih dahulu mencoba peruntungannya untuk menjadi idol dengan mengikuti audisi di SM Entertainment dan JYP Entertainment. Sayangnya, ia gagal sehingga ia beralih mendalami dunia akting.

Kerap Bintangi Drakor yang Populer di Kancah Global  Kepoin Profil Wi Ha Joon
Wi Ha Joon. (Foto: Instagram/wi__wi__wi)

Pada tahun 2012, ia mendapatkan peran dalam sebuah film pendek berjudul Peace in Them (2012). Tetapi, debut profesionalnya baru ia lakukan pada tahun 2015 melalui film berjudul Coin Locker Girl (Chinatown) di tahun 2015.

Setelah itu, ia meniti kariernya melalui peran-peran minor dan kecil seperti pada film Bad Guys Always Die (2015), Eclipse (2016), Anarchist from Colony (2017), The Chase (2017), Gonjiam: Haunted Asylum (2018), serta serial Goodbye Mr. Black (2016), My Golden Life (2017), Something in the Rain (2018), dan Matrimonial Chaos (2018).

Sosok aktor yang gemar berolahraga ini baru mulai meraih ketenaran setelah membintangi serial televisi Romance Is a Bonus Book (2019) dan 18 Again (2020) yang membuatnya masuk dalam jajaran cast Squid Game. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic