e-biz

Kiat UMKM Manfaatkan GrabAds Raih Cuan Lebih Banyak Saat Ramadan

Penulis Firda Ayu
Mar 29, 2023
Kiat UMKM Manfaatkan GrabAds Raih Cuan Lebih Banyak Saat Ramadan
ThePhrase.id – GrabAds mengungkap bahwa 9 dari 10 pengguna Grab di Indonesia menggunakan layanan pesan antar makanan selama bulan Ramadan dan kebanyakan dari mereka juga memesan dengan jumlah yang lebih besar. Peluang yang besar ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kuliner untuk meraih cuan lebih banyak selama Ramadan.

Untuk membantu para pelaku UMKM kuliner meningkatkan penjualan dan menjangkau lebih banyak konsumen melalui iklan, Grab Ads membagikan beberapa kiat-kiat berikut ini.

Antisipasi jam-jam sibuk selama Ramadan


Memesan makanan melalui GrabFood (Foto: https://www.grab.com/id/food/)


Sebanyak 39 persen konsumen memesan buka puasa antara pukul 12.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan 40 persen lainnya akan memesan makanan pada pukul 17.00 hingga 19.00 WIB.

Data dari Grab juga mengungkapkan bahwa pesanan GrabFood mengalami peningkatan signifikan lebih dari 200 persen sebelum sahur antara pukul 01.00 hingga 04.00 WIB. Momen-momen tersebut membuka peluang bagi pelaku UMKM kuliner untuk menjalankan iklan menarik bagi pelanggan pada rentang waktung tersebut.

Masyarakat Asia Tenggara, termasuk Indonesia menghabiskan rata-rata 17 menit untuk mencari dan menelusuri katalog makanan di GrabFood sebelum memesan. UMKM dapat mengacu pada waktu tersebut dan memanfaatkan iklan penelusuran untuk meningkatkan penjualan di jam-jam sibuk saat bulan Ramadan.

Buat iklan yang mencerminkan preferensi konsumen selama Ramadan


Buka puasa dengan GrabFood (Foto: twitter/GrabID)


Bulan Ramadan identik dengan kebersamaan, hal ini dapat dimanfaatkan dengan menghadirkan paket menu yang dapat dinikmati lima orang atau lebih untuk meningkatkan penjualan.

Grab mengungkap bahwa konsumen di Indonesia sering memesan menu favorit keluarga dengan tambahan hidangan penutup yang manis. Selama Idul Fitri, Grab bahwa mencatat lebih dari 500 jumlah pesanan makanan manis tiap jamnya.

Agar mendapat hasil optimal dari iklan yang ditayangkan, pelaku UMKM kuliner dapat memastikan iklan yang dibuat mencakup menu untuk porsi keluarga dan mencakup hidangan manis.

Jangan lupakan pelanggan lama


Tak hanya menjangkau pelanggan baru, pelaku UMKM perlu memperhatikan pelanggan lama dengan membuat iklan yang menjangkau mereka. Pelanggan lama tentu akan terus mencari menu terbaik dan membandingkan antara restoran favorit dengan restroran pesaing lainnya.

Jalankan iklan selama Ramadan hingga Idul Fitri


Buka puasa dengan GrabFood (Foto: twitter/GrabID)


GrabAds mengungkap bahwa iklan bertahan empat minggu atau lebih memiliki performa rata-rata 15 persen lebih baik. Selain itu, konsumen juga lebih aktif di GrabFood pada momen perayaan hari besar.

Pada minggu akhir Ramadan, 20 persen pesanan lebih banyak diterima GrabFood dibanding minggu pertama Ramadan. Selain itu, konsumen di Indonesia juga membuat pesanan lebih besar menjelang Idul Fitri.

Rata-rata peningkatan pesanan tersebut meliputi, 29 persen minuman, 20 persen penjualan camilan, dan 23 persen penjualan ayam goreng yang meningkat pada minggu keempat Ramadan dibandingkan dengan minggu pertama.

“Ramadan membuka peluang besar bagi pelaku bisnis untuk berpartisipasi dalam aktivitas konsumen. Dengan memanfaatkan fitur iklan, pelaku UMKM kuliner dapat terhubung dengan konsumen yang sedang mencari menu terbaik untuk sahur dan buka puasa,” ujar Country Marketing Head Grab Indonesia, Melinda Savitri dilansir Antara (28/03).

Kiat-kiat tersebut dapat dimanfaatkan pelaku UMKM melalui fitur GrabAds Ad Manager yang memungkinkan mereka membuat iklan penelusuran dan gambar saat mempromosikan bisnis di GrabFood.

Fitur iklan tersebut dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan restoran, serta dapat membantu merchant untuk memantau dan mengukur hasil dari iklan yang dijalankan.

“UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dan GrabAds merasa sangat bangga dapat membantu mereka untuk meningkatkan penjualan di momen-momen perayaan besar seperti bulan Ramadan,” tandas Melinda. [fa]

Tags Terkait

 
Related News

Popular News

 

News Topic