trending

Kongres Konsil Dokter Dunia IAMRA Resmi Ditutup, Ini Hasilnya

Penulis Rahma K
Nov 10, 2023
Konferensi Konsil Dokter Dunia & Sidang Umum ke-15 di Bali. (Foto: Istimewa)
Konferensi Konsil Dokter Dunia & Sidang Umum ke-15 di Bali. (Foto: Istimewa)

ThePhrase.id – Konferensi Konsil Dokter Dunia & Sidang Umum IAMRA (International Association of Medical Regulatory Authorities) ke-15 yang berlangsung di Merusaka Hotel Mengiat Hall resmi ditutup pada tanggal 9 November 2023.

Konferensi yang berlangsung di Pulau Dewata ini diramaikan dan dihadiri oleh sejumlah 304 peserta dari lebih dari 100 negara di benua Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Asia.

Ketua IAMRA, Heidi Oetter menyampaikan bahwa pada tahun ini, atau gelaran ke-15 ini mengangkat tema terkait regulasi medis dalam dunia yang terdisrupsi, beserta tantangan dan peluangnya.

Menurutnya, kongres ini merupakan ajang bagi delegasi dari berbagai negara untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman mengenai praktik kedokteran dan regulasinya.

"Konferensi di Bali ini merupakan kesempatan yang sangat penting, karena ini adalah pertama kalinya kami berkumpul secara fisik setelah pandemi," tutur Heidi.

Kongres Konsil Dokter Dunia IAMRA Resmi Ditutup  Ini Hasilnya
Konferensi Konsil Dokter Dunia & Sidang Umum ke-15 di Bali. (Foto: Istimewa)

Kongres ini melahirkan beberapa ketetapan baru, termasuk menetapkan bahwa International Conference IAMRA ke-16 akan diselenggarakan di Irlandia, Eropa pada tahun 2025. 

Selain itu, dua anggota baru juga secara resmi ditambahkan ke dalam Konsil Kedokteran Dunia IAMRA, sehingga total anggota IAMRA kini mencapai 119 lembaga dari seluruh dunia.  Kedua anggota baru tersebut adalah Federasi Osteopathic & Surgeons Doctors serta Gujarat Medical Council. 

Beberapa rekomendasi kongres juga dibahas, yakni mencakup perlunya pengaturan praktik dokter lintas negara, persetujuan terhadap saran tentang telemedicine, pentingnya kerja sama global untuk meningkatkan praktik kedokteran dan keselamatan pasien, serta kerjas ama erat dengan World Health Organization (WHO). 

Kongres turut mengapresiasi penetapan Omnibus Kesehatan RI No.17/2023 sebagai undang-undang kesehatan yang signifikan bagi anggota IAMRA di seluruh dunia.

Dalam sidang umum tersebut, ditetapkan juga pemilihan ketua baru IAMRA, yakni Dr. Joan dari Selandia Baru untuk periode 2023-2025. Sementara Taruna Ikrar tetap menjabat sebagai Direktur IAMRA. Keputusan ini disambut baik oleh para peserta yang hadir.

Kongres Konsil Dokter Dunia IAMRA Resmi Ditutup  Ini Hasilnya
Konferensi Konsil Dokter Dunia & Sidang Umum ke-15 di Bali. (Foto: Istimewa)

Terakhir, kongres mengapresiasi kesuksesan pelaksanaan Kongres & Sidang Umum IAMRA Bali. Kongres berlangsung dengan lancar, dan acara penutup turut menjadi salah satu acara yang mengesankan.

Gala Dinner di Beach Royal Santrian Hotel menjadi acara penutup yang meriah, dihadiri oleh ratusan delegasi dari 119 lembaga negara serta lebih dari 500 undangan. Acara ini diwarnai dengan nyanyian, tarian, tawa, dan kebahagiaan, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Taruna Ikrar sebagai ketua panitia penyelenggara turut menyampaikan ucapan selamat dan sampai jumpa pada kongres berikutnya, yakni penyelenggaraan ke-16 di Irlandia.

Selaku pemimpin konferensi tersebut, ia menyampaikan bahwa konferensi antara lain membicarakan perubahan aturan-aturan yang berhubungan dengan pelayanan kedokteran dan pendidikan kedokteran antarbatas dan antarnegara.

Terlebih lagi, menurutnya, dampak teknologi baru, seperti kecerdasan buatan, turut menjadi fokus diskusi. Delegasi Indonesia dalam konferensi ini juga membahas perubahan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2023 tentang Kesehatan dan memperoleh pemahaman dampaknya secara global.

"Topik itu juga akan kami bicarakan pada kegiatan ini untuk dapat mengetahui bagaimana dampaknya secara global," ujarnya. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic