auto

Kuat di Segmen LCGC dan Pick Up, Daihatsu Catatkan Kenaikan Penjualan 12% di Awal Semester II 2025

Penulis Rahma K
Aug 20, 2025
Daihatsu Sigra. (Foto: Dok. Daihatsu)
Daihatsu Sigra. (Foto: Dok. Daihatsu)

ThePhrase.id – Mengawali semester kedua di tahun 2025 ini, kondisi pasar otomotif di Indonesia menunjukkan optimisme. Sejalan dengan kenaikan pasar, pada bulan Juli 2025 penjualan Daihatsu juga mencatatkan kenaikan.

Secara keseluruhan, pada Juli 2025, pasar ritel otomotif nasional mengalami kenaikan 1,8 persen dibandingkan bulan Juni lalu, menjadi 62 ribu unit. Sementara itu, pasar wholesales juga naik sebesar 4,8 persen, menjadi sekitar 60 ribu unit.

Sementara itu, Daihatsu menuai hasil menggembirakan dengan kenaikan melebihi pasar otomotif nasional yaitu sebesar 12 persen, baik pada penjualan ritel yang mencapai 11.220 unit, maupun wholesales sebanyak 10.451 unit.

Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani mengatakan, kenaikan ini menegaskan Daihatsu sebagai pilihan utama masyarakat yang menginginkan mobil yang terjangkau.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan terhadap Daihatsu, sehingga dapat mengawali semester dua tahun ini dengan hasil positif. Ditambah, Daihatsu juga menjadi pilihan utama masyarakat yang menginginkan mobil terjangkau dengan harga hingga Rp300 juta. Kontribusi segmen ini mendekati 50% pasar otomotif Indonesia, dimana Daihatsu berkontribusi 34,5 persen," tuturnya.

Secara nasional, segmen mobil penumpang dan komersial tetap menjadi favorit masyarakat. Khususnya segmen LCGC MPV dan LCGC Hatchback yang mengalami kenaikan dibandingkan bulan lalu menjadi sebesar 17,1 persen dengan total sekitar 11 ribu unit.

Di dalamnya, model LCGC Daihatsu seperti Sigra dan Ayla yang berkontribusi sekitar 35 persen. Begitu juga dengan pasar segmen komersial pada Pick Up Low yang meningkat mencapai 9,7 persen atau sekitar 6 ribu unit, dengan kontribusi model Daihatsu Gran Max Pick Up mendominasi sebesar 63 persen di segmen ini.

Capaian ini semakin memperkuat Daihatsu dengan perolehan market share ritel sebesar 17,9 persen. Adapun beberapa model yang berkontribusi pada penjualan ritel Daihatsu di Juli 2025 didukung oleh empat model utama, yakni Gran Max Pick Up sebanyak 3.872 unit, disusul Sigra sebanyak 2.822 unit, Gran Max Mini Bus sebanyak 1.357 unit, dan Terios sebanyak 1.314 unit.

Terakhir, Daihatsu menyebut optimis bahwa pasar otomotif akan semakin baik dan berkomitmen untuk terus melayani pelanggan dengan berbagai kemudahan pembelian, pembiayaan, dan tukar tambah mobil dengan harga terjangkau mulai dari 140 jutaan. [rk]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic