leader

Lee Chan Hyuk, Member AKMU yang Lagu Garapannya Selalu Melejit

Penulis Rahma K
Sep 29, 2023
Lee Chan Hyuk. (Foto: Instagram/leechanhyuk)
Lee Chan Hyuk. (Foto: Instagram/leechanhyuk)

ThePhrase.id – AKMU adalah duo penyanyi asal Korea Selatan yang terkenal memiliki suara merdu. Perpaduan suara merdu dari Lee Chan Hyuk dan Lee Su Hyun ini dituangkan pada lagu-lagu yang tak pernah gagal menjadi favorit orang-orang dari seluruh dunia.

Sebut saja lagu terbarunya yang bertajuk "Love Lee" (2023). Baru dirilis pada akhir Agustus 2023, lagu ini telah berhasil menembus tangga nada paling prestisius di Korea Selatan, yakni MelOn Chart dengan menempati peringkat pertama. Lagu ini juga menjadi peringkat pertama di tangga nada lain seperti Genie Chart, Bugs Chart, dan lain-lain.

Lagu "Love Lee" berhasil menyingkirkan lagu-lagu trending lainnya yang digemari masyarakat luas seperti lagu "Seven (feat. Latto)" dari Jungkook, "Super Shy" dan "ETA" dari NewJeans, "Fast Forward" dari Jeon Somi, dan lain-lain.

Tak lain tak bukan, lagu yang juga viral di TikTok ini adalah hasil karya dari salah satu member AKMU, Lee Chan Hyuk. Selain dikenal akan suara merdunya, Chan Hyuk juga dikenal sebagai genius dalam hal menggarap lagu.

Lee Chan Hyuk  Member AKMU yang Lagu Garapannya Selalu Melejit
Lee Chan Hyuk. (Foto: Instagram/leechanhyuk)

Penulis lagu dan composer andal

Lee Chan Hyuk memang dikenal sebagai bagian dari penulis lagu yang tenar di Korea Selatan. Lagu-lagunya baik yang ia garap untuk AKMU atau dirinya sendiri sebagai solois kerap viral dan meraih kesuksesan yang besar. Bahkan, lagu-lagu yang ditulisnya tercatat telah mencapai angka 143 lagu.

Beberapa lagu yang ia tulis untuk AKMU dan menjadi lagu yang booming atau masuk dalam deretan lagu populer AKMU antara lain seperti "Give Love" (2014), "200%" (2014), "Last Goodbye" (2017), "Dinosaur" (2017), "How Can I Love the Heartbreak, You're the One I Love" (2019), dan masih banyak lagi.

Kemampuannya dalam menulis dan menggarap lagu telah ia miliki sejak pertama kali debut. Pasalnya, ia telah berkontribusi dalam pembuatan lagu sejak album pertamanya, yakni "Play" yang dirilis pada tahun 2014.

Sebelum debut, Chan Hyuk dan Lee Su Hyun yang merupakan adiknya terlebih dahulu mengikuti audisi untuk acara SBS K-Pop Star 2 sebagai AKMU (Akdong Musician). Duo kakak beradik tersebut meraih peringkat pertama dan memilih untuk berkarya di bawah naungan YG Entertainment karena agensi ini memberikan kebebasan pada keduanya untuk berkreasi sepanjang acara tersebut.

Kebebasan tersebut kembali diberikan saat AKMU akhirnya debut di tahun 2014 dengan merilis lagu garapan keduanya. Begitu seterusnya hingga saat ini di tahun 2023, di mana AKMU masih berada di bawah agensi YG Entertainment.

Lee Chan Hyuk  Member AKMU yang Lagu Garapannya Selalu Melejit
Lee Chan Hyuk. (Foto: Instagram/leechanhyuk)

Karier solo dan jadi penulis buku

Selain menulis lagu, ternyata pria kelahiran 12 September 1996 ini juga memiliki minat dalam menulis buku. Diketahui, Chan Hyuk telah menulis dua buku sebagai lini karier lainnya. Buku pertamanya yang bertajuk "Fish Meets Water" dirilis pada 26 September 2019, satu hari setelah album "Sailing" dari AKMU dirilis. 

Meskipun merupakan buku pertamanya sebagai seorang penulis buku, "Fish Meets Water" yang menceritakan tentang perspektif Chan Hyuk tentang nilai-nilai kehidupan dan seni menarik perhatian publik dan menjadi novel terlaris nomor satu di toko buku Korea Selatan kala itu.

Kesuksesannya sebagai penulis membuat Chan Hyuk kembali memproduksi karya baru, tetapi kali ini dalam format yang berbeda. Di tahun 2022, ia merilis buku keduanya yang bertajuk "Alien" sebagai buku bergambar.

Selain menulis, Chan Hyuk juga memiliki karier solo sebagai penyanyi solois. Ia debut sebagai solois dengan merilis album studio pada 17 Oktober 2022. Album yang berjudul "Error" tersebut berisikan 11 lagu dan seluruhnya digarap oleh dirinya. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic