sportLiga 1 Indonesia

Liga 1 Catat Sejarah, Pertama Kalinya Gunakan VAR dan Diberikan ke Persib tapi Gagal Cetak Gol Penalti

Penulis Ahmad Haidir
May 15, 2024
VAR dipergunakan perdana di Liga Indonesia pada laga Bali United vs Persib Bandung. Foto: Istimewa
VAR dipergunakan perdana di Liga Indonesia pada laga Bali United vs Persib Bandung. Foto: Istimewa

Thephrase.id - Liga 1 2023-2024 mencatatkan sejarah. Untuk pertama kalinya, VAR digunakan di kompetisi sepak bola Indonesia. Persib Bandung menjadi klub pertama yang diberikan keuntungan VAR.

Wasit Heru Cahyono menghadiahi Persib tendangan penalti pada menit ke-56 seusai gelandang Bali United, Kadek Agung melanggar penyerang Maung Bandung, David da Silva.

Heru lebih dulu berdiskusi dengan wasit VAR dan asisten VAR sebelum mengecek monitor VAR di pinggir lapangan dan mengubah keputusannya menjadi pelanggaran untuk Persib.

Akan tetapi, Persib gagal memaksimalkan bantuan VAR. Penalti David da Silva ditepis kiper Bali United, Adilson Maringa yang bermain heroik sepanjang pertandingan.

Bali United dan Persib harus puas bermain imbang 1-1 di Bali United Training Center pada Selasa, 14 Mei 2024 malam WIB dalam pertemuan pertama babak semifinal Championship Series Liga 1.

"Kami melewatkan kesempatan mencetak gol dari titik penalti dan 4 peluang yang sangat bagus. Kiper mereka adalah man of the match," beber pelatih Persib, Bojan Hodak.

"Kami mencetak gol dan tidak kalah. Ini adalah hal positif. Hal lainnya, saya tidak bisa berkomentar," tegas pelatih berkewarganegaraan Kroasia itu.

Liga 1 Catat Sejarah  Pertama Kalinya Gunakan VAR dan Diberikan ke Persib tapi Gagal Cetak Gol Penalti
Bali United vs Persib Bandung. Foto: Istimewa

"Dalam pertandingan ini, kami main oke. Setiap orang menonton Bali United melawan Persib. Semua lihat kami punya mentalitas," timpal penyerang Maung Bandung, Ezra Walian.

"Setiap pemain di Persib punya peran penting. Kami kerja satu tim untuk Bobotoh dan Bandung. Kami siap untuk leg kedua di Bandung," ungkap pemain naturalisasi kelahiran Belanda itu.

Persib bakal menjamu Bali United dalam leg kedua babak semifinal Championship Series Liga 1. Pertandingan itu akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada Sabtu, 18 Mei 2024.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru memberlakukan VAR di babak Championship Series Liga 1 setelah tertunda-tunda, bahkan sempat ingin diterapkan pada putaran kedua Liga 1. 

 
Related News
Popular News
 

News Topic