Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Bunga telang kini makin populer sebagai bahan dari minuman yang memberikan warna biru keunguan yang cantik. Biasanya disajikan dalam bentuk teh, kini minuman berbahan dasar bunga ini sudah banyak ditemukan di kafe-kafe hingga restoran.

Untuk tanamannya sendiri, bunga ini termasuk dalam tumbuhan yang merambat dan dapat ditemukan di tepi hutan hingga pekarangan. Asalnya dari Asia tropis, namun setelah penyebarannya meluas, telang dapat ditemukan di daerah-daerah tropis.

Bunga telang. (Foto: unsplash/Artur Sołtysiak)

Bukan hanya menjadi viral karena kecantikannya saat dijadikan minuman. Ternyata, kembang telang juga tak asing digunakan sebagai pewarna makanan alami. Tak berhenti di situ, buna ini juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi manusia.

Bahkan, bunga yang memiliki nama latin Clitoria ternatea ini telah digunakan di berbagai negara di dunia sebagai obat. Selain sebagai pengobatan, bunga ini juga dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, apa saja sih manfaatnya bagi tubuh? ThePhrase.id sudah merangkumnya, nih!

1. Kesehatan kulit dan rambut

Manfaat kembang telang yang banyak menyita perhatian adalah kegunaannya pada kecantikan. Dari kecantikan kulit hingga rambut, telang memiliki khasiat mencegah penuaan dini, membuat kulit tampak cerah dan sehat, menghidrasi kulit hingga 70 persen, menutrisi rambut, hingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Minuman dari bunga telang. (Foto: freepik/jcomp)

2. Memelihara kesehatan otak

Beralih ke bagian dalam tubuh, ternyata bunga telang juga dapat memelihara kesehatan dan fungsi otak. Dilansir dari laman halodoc, mengkonsumsi bunga ini secara teratur dapat meningkatkan kadar zat kimia pada otak yang bernama asetilkolin. Zat ini dapat menurunkan risiko kehilangan memori karena faktor usia, serta berperan dalam mempelajari informasi, hingga menjaga konsentrasi.

3. Bantu turunkan gula darah

Siapa sangka, kembang telang juga berkontribusi untuk menjaga hingga menurunkan gula darah. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan di mana bunga ini terbukti dapat mengontrol penyerapan gula dalam darah. Kandungan yang berfungsi pada manfaat ini adalah antioksidan yang berperan meningkatkan kinerja insulin. Dengan begitu, dapat mencegah resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

4. Melindungi sel-sel tubuh

Salah satu kandungan dari kembang telang yang menjadi poin penting adalah antioksidan. Antioksidan memiliki fungsi untuk melindungi sel-sel sehat dalam tubuh, dan juga mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini. Dilansir dari laman sehatq, studi dari jurnal berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences mengatakan bahwa ekstrak metanol dalam bunga ini lah yang menjadi sumber antioksidan.

Minuman dari bunga telang. (Foto: freepik/jcomp)

5. Mengurangi peradangan

Bunga telang terdiri dari 51 hingga 52 persen asam oleat. Kandungan ini merupakan asam lemak baik yang umum ditemukan pada minyak zaitun. Minyak zaitun itu sendiri manfaatnya sudah tak perlu diragukan karena digunakan sebagai salah satu minyak yang sehat.

Asam oleat itu sendiri memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan atau bersifat antiradang. Maka dari itu digunakan di banyak negara sebagai obat karena dapat mengobati penyakit seperti nyeri, migrain, infeksi luka, sakit kepala, hingga dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Itu dia beberapa manfaat dari bunga telang yang perlu kamu ketahui. Selain dapat dikonsumsi di kafe atau restoran, kamu juga bisa membeli bunga telang dan menyeduhnya sendiri, loh! [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you