Manfaat Masker Yoghurt untuk Kesehatan Kulit Wajah

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Tahukah kamu? Yoghurt tak hanya baik bagi pencernaan dengan cara dikonsumsi. Ternyata, yoghurt juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah dengan cara digunakan sebagai masker!

Kandungan-kandungan di dalamnya yang baik bagi pencernaan seperti probiotik dan kandungan lainnya juga memiliki manfaat untuk masalah-masalah pada wajah loh! Selain itu, yoghurt juga memiliki segudang manfaat jika digunakan di wajah, nih.

1. Melembapkan kulit

Tekstur yoghurt yang lembut dapat membantu memberikan kelembapan pada kulit. Selain itu, kandungan asam laktat juga turut berperan dalam melembapkan kulit wajah, dilansir dari Journal of Cosmetic Science.

Ilustrasi menggunakan masker yoghurt. (Foto: Canva/Polina Kovaleva/Pexels)

2. Meningkatkan elastisitas

Yoghurt yang diaplikasikan ke wajah ternyata juga memiliki manfaat meningkatkan elastisitas wajah, loh! Seiring bertambahnya usia, kolagen dalam kulit secara alami akan berkurang. Namun, yoghurt dikatakan dapat mengembalikan elastisitas tersebut dan bahkan mengurangi tampilan garis halus dan kerutan.

3. Mengatasi dan mencegah jerawat

Bagi kamu yang sedang berjuang melawan jerawat, masker yoghurt bisa jadi jawabannya, nih. Berkat kandungan probiotik yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan, yoghurt dapat mengatasi dan mencegah jerawat!

4. Meratakan dan mencerahkan warna kulit

Warna kulit yang tak rata bisa terjadi pada siapa saja. Begitu juga warna kulit yang kusam karena terlalu sering terpapar sinar matahari dan debu. Rutin menggunakan masker yoghurt ternyata dapat mengatasi masalah ini. Hal ini  dikarenakan yoghurt memiliki kandungan zinc yang bermanfaat untuk memudarkan noda hitam atau gelap.

Berbagai racikan masker yoghurt

Ilustrasi yoghurt tawar. (Foto: Canva/ToscaWhi/Getty Images)

Karena penggunaannya sebagai masker semakin populer, kini kamu dapat menemukan masker yoghurt dalam bentuk masker kemasan yang siap pakai. Namun, kamu juga dapat meraciknya sendiri di rumah, loh!

Yang terpenting adalah menggunakan yoghurt yang plain atau tawar, serta tidak mengandung gula. Kamu dapat menggunakan yoghurt susu sapi atau greek yoghurt. Yuk simak beberapa ‘racikan’ masker yang dapat kamu coba!

1. Yoghurt dan madu

Selain memiliki rasa yang lezat ketika dikonsumsi bersamaan, kombinasi yoghurt dan madu ternyata juga sangat baik untuk kulit wajah loh! Khasiatnya adalah untuk membersihkan kulit. Kamu juga bisa menambahkan kunyit bubuk untuk khasiat mengatasi kulit berminyak dan masalah kulit meradang.

Ilustrasi masker campuran yoghurt dan madu. (Foto: Canva/papadimitriou/Getty Images)

2. Yoghurt dan lidah buaya

Masing-masing yoghurt dan lidah buaya memiliki kegunaan yang baik bagi tubuh dan kulit. Ketika dikombinasikan, keduanya dapat mengatasi iritasi kulit yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau sunburn. Caranya pun mudah, cukup campurkan yoghurt tanpa rasa dengan gel lidah buaya, diaduk, kemudian dioleskan ke muka. Jika mau kamu juga dapat menambah 1 sendok madu.

3. Yoghurt dan stroberi

Yoghurt dan stroberi adalah kombo yang nikmat untuk dikonsumsi, terutama pada pagi hari. Tetapi, kombo yoghurt dan stroberi sebagai masker juga tak kalah ‘nikmat’ untuk wajah! Stroberi kaya akan vitamin C dan dapat membantu melawan radikal bebas yang memicu penuaan. Caranya pun mudah, cukup haluskan beberapa buah stroberi kemudian campurkan dengan yoghurt dan oleskan pada wajah.

4. Yoghurt dan lemon

Campuran yoghurt dan air perasan lemon sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat, kusam, dan berminyak! Kombo ini bermanfaat mengurangi produksi minyak, melawan bakteri, membersihkan pori-pori, hingga mengekfoliasi kulit secara alami. Kamu juga dapat menambahkan madu atau bubuk kunyit loh. [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you