ThePhrase.id – Mazda Indonesia di bawah PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributornya menghadirkan dua line-up SUV terbarunya untuk pasar tanah air melalui Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, yakni The New Mazda CX-3 Kuro dan The New Mazda CX-60 Sport.
Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2017, Mazda CX-3 telah menjadi salah satu line-up compact SUV terfavorit, dengan respons positif yang konsisten dari pasar. Model ini mencatatkan total penjualan sebanyak 1.277 unit sepanjang tahun 2024, menempati peringkat pertama dari seluruh line-up Mazda yang dipasarkan di Indonesia.
Disamping itu, Mazda CX-60 juga menunjukkan performa solid di kategori segmen large SUV, dengan total 278 unit yang terjual sepanjang tahun 2024. Model ini menempati posisi teratas pada kategori segmen-nya di Mazda. Sebagai bentuk apresiasi terhadap antusiasme pasar, Mazda meluncurkan versi terbaru dari kedua model tersebut di GIIAS 2025, yang mana, masing-masing hadir dalam dua edisi baru.
Mazda memperkenalkan dua edisi terbaru dari The New Mazda CX-3, Kuro Edition dan Pro AutoExe Edition, yang hadir dengan tampilan lebih sporty, serta peningkatan rasa berkendara yang semakin fun-to-drive. Kedua edisi ini dirancang untuk memperluas pilihan gaya, dengan desain yang tetap stylish.
Ciri khas keduanya terletak pada desain honeycomb front grille terbaru, yang memperkuat tampilan eksterior dengan nuansa modern dan dinamis. Di dalam kabin, sistem audio premium hasil kolaborasi Mazda dan JBL disematkan, sehingga memberikan pengalaman audio yang jernih dan mendalam. Untuk kemudahan dan kepraktisan adalah, automatic folding mirror juga tersedia sebagai fitur standar.
Pada The New Mazda CX-3 Pro AutoExe, pengalaman berkendara ditingkatkan melalui penggunaan genuine accessories & performance parts dari AutoExe, seperti strut bar, floor cross bar, lower arm bar, air filter, dan premier muffler. Selain itu, wheel nut, sport pedal set, ball-shape shift knob, serta sport steering wheel, juga disematkan untuk memperkuat karakter “sporty” dari mobil ini.
Kedua edisi ditenagai oleh mesin SKYACTIV-G dengan rasio kompresi tinggi, dipadukan dengan transmisi otomatis 6-percepatan SKYACTIV-DRIVE, serta struktur rangka ringan berbasis SKYACTIV Body & Chassis. Tersedia juga fitur i-Stop, untuk efisiensi bahan bakar yang optimal. Soal kapasitas mesin, Mazda CX-3 Kuro dibekali mesin 1.5L, sedangkan Mazda CX-3 Pro AutoExe memiliki mesin 2.0L.
The New Mazda CX-3 Kuro ditawarkan dengan harga OTR Jakarta Rp417.700.000, dan The New Mazda CX-3 Pro AutoExe dengan harga OTR Jakarta Rp565.500.000. Keduanya tersedia secara bertahap di jaringan dealer resmi Mazda di seluruh Indonesia.
Sama dengan CX-3 yang hadir dalam dua edisi terbaru, Mazda CX-60 juga mendapatkan pembaruan di dua edisi terbaru, yakni Sport Edition dan Pro Edition. Kedua model ini dirancang untuk menjawab kebutuhan mobilitas urban dengan karakter berbeda, namun saling melengkapi.
Jika edisi terdahulu, Kuro menampilkan gaya dinamis dengan aksen berwarna hitam, dan Elite yang menonjolkan gaya elegan melalui kabin berwarna terang, kini, hadir pilihan baru yang menyesuaikan gaya hidup, serta preferensi, dan price point konsumen masa kini.
The New Mazda CX-60 Pro menawarkan tampilan maskulin dan performa bertenaga, pilihan ideal bagi mereka yang menyukai tantangan. Pro Edition didukung oleh sistem i-ACTIV All Wheel Drive, yang mampu mendukung stabilitas dan manuver optimal kendaraan, bahkan dalam kecepatan tinggi.
Sementara itu, The New Mazda CX-60 Sport ditujukan bagi gaya hidup yang aktif, menawarkan efisiensi berkendara yang cerdas sebagai sebuah nilai tambah, serta kenyamanan. Sport Edition menjadi pilihan strategis bagi konsumen yang menginginkan Mazda CX-60 dengan price point yang lebih kompetitif, tanpa mengorbankan rasa berkendara khas Mazda.
Keduanya hadir dengan desain modern yang mencerminkan identitas kuat Mazda CX-60 sebagai “The Noble Toughness”, dalam jajaran SUV premium Mazda, antara lain bar-type front grille, chrome signature wing, serta aksen matte black pada side signature, window line, dan cladding.
Masuk ke ruang kabin, CX-60 terbaru ini dilengkapi dengan media display berukuran 12.3 inci, Wireless Apple CarPlay dan Android Auto, serta wireless charger. Sistem audio BOSE 12-speaker juga turut disematkan, untuk menghadirkan kualitas suara yang imersif.
Sedangkan soal mesinnya, The New Mazda CX-60 Sport dan Pro mengusung mesin SKYACTIV-G 2.5L dengan transmisi otomatis 8-percepatan tanpa torque converter, sehingga menghasilkan performa yang halus dan responsif. Mesin inline 4-silinder ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 188 ps dan torsi 250 Nm.
Mazda membanderol CX-60 Sport dengan harga OTR Jakarta Rp699.000.000. Sedangkan Mazda CX-60 Pro dengan harga Rp818.800.000. Keduanya tersedia secara bertahap di jaringan dealer resmi Mazda di seluruh Indonesia. [rk]