auto

Mazda Indonesia Catatkan Penjualan Tinggi di Tahun 2023, CX-5 dan CX-3 Jadi Favorit

Penulis Rahma K
Jan 31, 2024
Mazda CX-5. (Foto: Istimewa)
Mazda CX-5. (Foto: Istimewa)

ThePhrase.id – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor dari merek kendaraan Mazda di Indonesia membukukan penjualan  tinggi di tahun 2023, yakni mencapai lebih dari 5 ribu unit.

Lebih tepatnya, sejumlah 5.320 unit mobil Mazda berhasil terjual di Indonesia. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak tiga tahun terakhir, yakni di tahun 2020 dengan total peningkatan hingga 100 persen. 

Angka penjualan kendaraan Mazda di Indonesia dari tahun 2020 hingga 2023 adalah sebagai berikut:

  • 2023: 5.320 unit
  • 2022: 3.888 unit
  • 2021: 3.382 unit
  • 2020: 2.660 unit

Dari data di atas, terlihat bahwa dari tahun ke tahun, Mazda Indonesia mengalami kenaikan jumlah penjualan. Dari tahun 2020 ke 2021, kenaikan sebesar 27,5 persen. Dari tahun 2021 ke 2022, terjadi kenaikan sebesar 14,6 persen. Dari tahun 2022 ke 2023 kenaikan tercatat sebesar 36,8 persen. Secara keseluruhan dari 2020 hingga 2023, kenaikan melebihi 100 persen.

Tren peningkatan penjualan oleh PT EMI secara konsisten melakukan peningkatan sejak masa pandemi global di tahun 2020. Menurut Managing Director PT EMI, Ricky Thio, terdapat beberapa faktor yang mendorong penjualan tahun 2023 lalu.

"Kesuksesan PT EMI pada tahun 2023 lalu didukung oleh banyak faktor. Yang terutama adalah antusiasme dan dukungan dari para penggemar dan pelanggan Mazda, serta kinerja terbaik dari para jajaran dealer principal," ungkapnya, dikutip dari keterangan resmi yang diterima ThePhrase.id.

Mazda Indonesia Catatkan Penjualan Tinggi di Tahun 2023  CX 5 dan CX 3 Jadi Favorit
Mazda CX-60. (Foto: Istimewa)

Selain itu, Ricky juga mengatakan bahwa layanan purna-jual Mazda yang terus melakukan performance improvement, disempurnakan dengan program MYMAZDA SERVICE yang memberikan fasilitas tanpa biaya untuk jasa suku cadang selama tiga tahun atau 60.000 km bagi pelanggan turut memiliki andil.

"Sepanjang tahun 2023, Mazda juga konsisten berpartisipasi dalam pameran otomotif bergengsi, sebut saja Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2023 dan Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023," lanjutnya.

Ricky menambahkan  bahwa misi terbesar Mazda untuk dapat masuk ke dalam segmentasi pasar kendaraan premium juga direalisasikan di tahun 2023 dengan peluncuran The All-New Mazda CX-60.

Terkait model dan warna yang paling diminati pelanggan di tahun 2023, Marketing & Communications General Manager PT EMI, Pramita Sari mengatakan CX-5 dan CX-3 masih menjadi model yang paling diminati. Sementara warna yang paling laris adalah Soul Red Crystal Metallic khas Mazda dan Machine Grey Metallic.

Di tahun 2024, Mazda juga akan menghadirkan sejumlah produk 7G pada kategori segmen Medium SUV, Medium SUV (BEV), Large Premium SUV (PHEV), dan Large Premium SUV (MHEV). Bersama dengan line-up model unggulan Mazda akan kembali berpartisipasi dalam sejumlah pameran otomotif, mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenal lebih dekat produk terbaik Mazda.  [rk]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic