leader

Mengenang Aktor Matthew Perry, Pemeran Sitkom ‘Friends’ yang Legendaris

Penulis Rahma K
Nov 01, 2023
Matthew Perry. (Foto: Instagram/mattyperry4)
Matthew Perry. (Foto: Instagram/mattyperry4)

ThePhrase.id – Dunia kembali kehilangan sosok legendaris dari industri hiburan. Matthew Langford Perry atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Matthew Perry baru saja berpulang pada 28 Oktober 2023 di kediamannya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dilansir dari New York Times, Departemen Kepolisian Los Angeles mengatakan sang aktor ditemukan tak bernyawa di bak mandi air panas di rumahnya pada pukul empat sore. Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan maupun, maupun sisa obat-obatan di lokasi kejadian.

Dugaan awal sebab kematian Matthew adalah tenggelam. Pihak medis telah melakukan tindakan autopsi pada sang aktor, tetapi kesimpulan belum dapat diambil karena masih menunggu hasil tes toksikologi serta pemeriksaan bukti-bukti lainnya.

Kepergian Matthew membuat dunia berkabung serta kehilangan figur yang dekat di hati jutaan penggemarnya. Untuk mengenang sosoknya, simak profil Matthew Perry berikut ini.

Profil Matthew Perry

Matthew Perry adalah aktor senior berkewarnanegaraan Amerika Serikat dan Kanada. Ia dikenal luas berkat perannya dalam sitkom Friends yang tayang selama 10 tahun, sejak tahun 1994 hingga tahun 2004.

Mengenang  Aktor Matthew Perry  Pemeran Sitkom    Friends    yang Legendaris
Matthew Perry (kiri) dan cast sitkom 'Friends' lainnya. (Foto: Instagram/friends)

Dalam sitkom tersebut, Matthew berperan sebagai Chandler Bing bersama lima aktor dan aktris ternama lainnya, yakni Jennifer Aniston, Courteney Cox, Lisa Kudrow, Matt LeBlanc, dan David Schwimmer. Keenam pemeran tersebut digambarkan sebagai sekelompok teman berusia 20-an dan 30-an yang tinggal di New York.

Tayang selama 10 tahun lamanya dan menyajikan humor yang digemari banyak orang, Friends menjadi salah satu sitkom legendaris yang masih ditonton hingga saat ini oleh orang dari berbagai belahan dunia dan berbagai kalangan usia.

Di luar sitkom Friends, pria yang lahir pada 19 Agustus 1969 tersebut dikenal luas melalui beberapa peran pada karya-karya lainnya. Beberapa di antaranya adalah Home Free (1993), Fools Rush In (1997), Three to Tango (1999), The Whole Nine Yards (2000), Serving Sara (2002), The West Wing (2003), Studio 60 on the Sunset Strip (2006-2007), 17 Again (2009), Go On (2012-2013), The Odd Couple (2015-2017), dan masih banyak lagi.

Ia pertama kali berperan sebagai aktor pada tahun 1979 sebagai aktor cilik melalui 240-Robert (1979). Namun, ia baru benar-benar terjun ke industri hiburan setelah berpindah ke Los Angales di tahun 1983 dan menjadi bintang tamu di Not Necessarily the News (1983).

Mengenang  Aktor Matthew Perry  Pemeran Sitkom    Friends    yang Legendaris
Matthew Perry. (Foto: Instagram/mattyperry4)

Sang aktor sebelumnya tumbuh besar di Kanada dengan sang ibu setelah ayah dan ibunya berpisah ketika ia masih berusia satu tahun. Matthew besar di Ottawa, Ontario, serta pernah tinggal di Toronto, dan juga Montreal.

Ia bersekolah di Rockcliffe Park Public School di Ottawa bersama Justin Trudeau yang kini menjadi perdana menteri Kanada. Tetapi, pada usia 15 tahun ia pindah ke Los Angeles untuk tinggal bersama sang ayah dan mendalami dunia akting.

Matthew mempelajari seni peran di Buckley School, sebuah sekolah persiapan perguruan tinggi di Sherman Oaks, Los Angeles dan lulus di tahun 1987. Saat di SMA, ia juga mengambil kelas komedi improvisasi.

Setelah menjadi bintang tamu pada acara televisi Not Necessarily the News (1983), Charles in Charge (1985), dan Silver Spoons (1986), mantan kekasih Julia Roberts ini mulai mendapatkan peran reguler pada sitkom Second Chance atau yang kemudian berganti judul menjadi Boys Will Be Boys (1987-1988).

Matthew melakukan debutnya sebagai aktor layar lebar di tahun 1988 melalui film A Night in the Life of Jimmy Reardon (1988). Setelah itu, ia aktif membintangi baik film layar lebar maupun serial televisi dan sitkom hingga tahun 2021. [rk]

 
Related News
Popular News
 

News Topic