regional

Mengintip Fasilitas JIS yang Menjadi Lokasi Kampanye Akbar Anies-Cak Imin

Penulis Ashila Syifaa
Feb 09, 2024
Jakarta International Stadium. (Foto: jakarta.go.id)
Jakarta International Stadium. (Foto: jakarta.go.id)

ThePhrase.id - Jakarta International Stadium atau JIS merupakan salah satu stasion terbesar di Indonesia yang menjadi tuan rumah acara internasional dan sebagai destinasi olahraga. Nantti pada tanggal 10 Februari pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan menggelar kampanye akbarnya di staduim ini. Apa saja fasilitasnya? Simak ulasan berikut.

Jakarta International Stadium Dirancang untuk menampung berbagai acara olahraga termasuk sepak bola, atletik, dan konser, stadion. Strukturnya yang megah, mampu menampung lebih dari 82.000 penonton, menjadikannya salah satu stadion terbesar di Asia Tenggara.

Tak hanya tampilannya saja yang terlihat megah dan modern, stadion ini menawarkan berbagai fasilitas terkini yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penonton. Mulai dari opsi tempat duduk premium dengan pemandangan tak tertandingi hingga ruang VIP dilengkapi dengan fasilitas mewah. Fasilitasnya yang nyaman ini juga tersedia bagi penyandang disabilitas mulai dari  kursi khusus disabilitas sebanyak 200 buah.

Stadion ini juga dilengkapi dengan sistem suara dan layar video definisi tinggi yang menastikan penonton terlibat dan mendapatkan pengalaman penuh menonton pertandingan maupun acara lainnya.

Tak hanya dijadikan sebagai venue acara internasional, di area pendukung dapat diubah menjadi ruang publik yang dapat digunakan untu acara seperti salat, seperti salat Id yang pernah terlaksanakan pada tahun 2022.

Uniknya lagi atap Jakarta Intenational Satdium ini memili atap yang dapat dibuka secara otomatis dan memiliki fasilitas sesuai standar FIFA. Kecanggihan dan kemewahan stadium ini diakui oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang memberikan beberapa penghargaan seperti rekor Struktur Atap Studio Angkat dengan Bobot Terberat, Stadion Pertama yang Menggunakan Sistem Atap Terbuka-Tertutup, dan Gedung Stadion Hijau Bersertifikat Platinum Pertama di Indonesia.  

Sertifikat Platinum Gedung Ramah Lingkungan itu didapatkan karena JIS dibangun dengan aspek ramah lingkungan yang bertujuan untuk meminimalkan dampak lingkungan. Mulai dari sistem pencahayaan hemat energi hingga teknologi pengumpulan air hujan, stadion ini memprioritaskan keberlanjutan. 

Hadirnya JIS juga berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Dengan menarik acara olahraga besar dan kompetisi internasional, stadion ini merangsang pariwisata, mendukung bisnis lokal, dan menciptakan peluang kerja dalam komunitas sekitarnya. [Syifaa]

 
Related News

Popular News

 

News Topic