Menu Sehat Olahan Rumah

- Advertisement -spot_img

Thephrase.id – Di masa pandemi ini disarankan untuk tidak banyak keluar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang. Pun termasuk dalam menyiapkan makanan, sebaiknya mengolah masakan sendiri di rumah. Ada baiknya juga mengolah makanan sehat agar tubuh tetap prima dan daya tahan tubuh meningkat.

Thephrase.id merangkum 5 rekomendasi makanan sehat yang mudah diolah di rumah dan tentu rasanya enak. Ini dia daftarnya:

  1. Avocado Toast

 

Avocado Toast dengan telur rebus. (Foto: freepik.com)

Avocado Toast atau alpukat spread diatas roti adalah salah satu makanan yang terkenal dan digemari orang-orang untuk menu makanan sehat. Selain dari rasanya yang enak, cara membuat yang gampang juga menjadi alasan banyak orang memilih menu ini.

Cara membuatnya gampang, siapkan alpukat 1 buah dan roti tawar, garam, serta bahan tambahan opsional seperti telur rebus dan sayur seperti tomat. Jika semua bahan telah terkumpul, potong dan keluarkan isi alpukat kemudian tumbuk hingga halus. Sisihkan alpukat dan panggang roti hingga kecokelatan, kemudian oleskan alpukat tumbuh diatas roti. Taburi sedikit garam, kemudian kamu bisa tambahkan telur rebus atau tomat diatasnya. Tadaa! Menu sehat, enak, dan mudah bisa kamu santap sebagai sarapan.

  1. Oatmeal Asin
Oatmeal asin. (Foto: healthynibblesandbits.com)

Oatmeal bukanlah menu yang asing di telinga. Banyak orang menyantap oatmeal sebagai sarapan karena penuh dengan gizi dan mudah dibuat. Biasanya, orang menyantap oatmeal dengan cara dibiarkan semalaman, atau dipadukan dengan buah. Namun, ada juga loh oatmeal yang asin! Tentunya tidak kalah enak dengan yang manis ya, dan juga mudah dibuat.

Hampir sama dengan oatmeal manis, oatmeal asin dibuat dengan cara dimicrowave atau direbus sesuai dengan jenis oatmeal yang dibeli. Topping lah yang menjadi kuncinya disini. Untuk oatmeal asin, kamu cukup padukan dengan telur ceplok dan sayuran seperti tomat, paprika, dan sayur hijau yang kamu suka diatasnya serta garam. Tapi jangan lupa, telur yang digoreng disarankan menggunakan minyak goreng yang sehat seperti minyak zaitun. Dan juga sayur cukup diletakkan diatasnya dan diberi bumbu penyedap seperti oregano, bubuk bawang bukti, atau bubuk merica.

3. Smoothie

Ilustrasi smoothie. (Foto: freepik.com)

Smoothie banyak digemari orang karena rasanya yang manis dan rasanya yang enak. Namun, tidak semua smoothie sehat loh! Tentu ada smoothie yang sehat dengan bahan-bahan tertentu. Jika biasanya smoothie adalah campuran buah dan susu yang dijus, smoothie sehat memiliki komposisi lebih dari hanya buah dan susu.

Smoothie sehat berisikan bahan makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh dan mengenyangkan. Isi dari smoothie sehat biasanya terdiri dari buah, sayur, dan yoghurt. Buah-buahan yang dapat dipilih seperti stroberi, bluberi, pisang atau lemon. Dipadukan dengan sayur-sayuran seperti bayam, timun, dan sayur kale. Untuk mengencerkan bahan-bahan tersebut, tambahkan plain yoghurt atau Greek yoghurt yang memang sehat untuk tubuh kita, kemudia jus semua bahan. Sebagai topping, tambahkan chia seeds untuk menambah nutrisi dan estetika.

4. Ayam Oven

Ayam oven. (Foto: delish.com)

Ada kalanya kamu bosan dengan makanan sehat yang isinya sayur-sayuran kan? Rasanya ingin makan makanan seperti ayam goreng yang kurang sehat tapi enak. Kamu tetap bisa makan ayam goreng loh, dengan solusi mengganti cara memasaknya dengan dioven.

Untuk memasak ayam oven yang sedikit lebih sehat dibanding ayam goreng pada umumnya, disarankan menggunakan dada ayam yang telah difillet. Kemudian, celupkan ayam ke dalam telur yang telah dikocok kemudian ke tepung remahan roti untuk menggantikan tepung biasa. Untuk rasa, beri merica, garam, dan bubuk bawang putih secukupnya ke dalam tepung.

Poin pentingnya adalah gunakan oven untuk pengganti menggoreng dengan minyak. Setelah ayam dibumbui, letakkan pada loyang yang telah dilapisi kertas baking. Masukkan ke dalam oven dan tunggu selama 1 jam dengan suhu 180 derajat. Jangan lupa memanaskan oven terlebih dahulu ya sebelum digunakan!

5. Salmon Salad

Salmon salad. (Foto: primaverakitchen.com)

Pasti tau kan kalau ikan kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita? Bisa nih kamu paduin ikan dengan salad. Eits, tenang rasanya enak kok! Salmon disini adalah pilihan ikan yang opsional, tetapi menggunakan salmon lebih menambah rasa enak dari makanan ini sendiri dan kaya manfaat seperti omega 3.

Cara membuatnya adalah siapkan ikan salmon tanpa duri yang telah dipotong kecil-kecil, sayur-sayuran seperti selada, paprika, tomat, alpukat, parsley, basil, wortel, timun jepang, apapun sayur yang kamu suka, dan seasoning pilihan kamu misalnya merica, bawang putih bubuk, cabe bubuk, garam, bubuk oregano.

Panggang ikan salmon di oven menggunakan loyang. Setelah matang, potong-potong sayur yang telah kamu siapkan dan campurkan dengan salmon yang telah dipanggang. Untuk toppingnya, taburi seasoning pilihan kamu. Salad salmon yang enak dan sehat siap disantap!

Itu dia 5 rekomendasi menu makanan sehat dari Thephrase.id. Bahan-bahannya mudah dicari, makanannya mudah dibuat, cocok untuk menu makanan selama pandemi. Jangan lupa dicoba ya! [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you