tech

Microsoft Hentikan Penjualan Lisensi Windows 10

Penulis Nadira Sekar
Jan 27, 2023
Microsoft Hentikan Penjualan Lisensi Windows 10
ThePhrase.id - Sistem operasi Microsoft Windows 10 telah tersedia di pasar ritel selama lebih dari tujuh tahun dan digantikan oleh Windows 11 pada Oktober 2021. Namun, terlepas dari usianya, Windows 10 tetap menjadi versi Windows yang paling populer, dengan pangsa pasar global sebesar 67,95% pada Desember 2022 dibandingkan dengan  Windows 11 yang hanya 16,97%.

Foto: dok. Microsoft


Tapi sekarang sepertinya Microsoft siap mengerem penerbitan lisensi Windows 10 baru untuk konsumen sehari-hari. Halaman produk resmi Microsoft untuk Windows 10 Home dan Windows 10 Pro kini menyertakan pernyataan yang cukup mengejutkan.

“31 Januari 2023 akan menjadi hari terakhir [lisensi] Windows 10 dijual. Windows 10 akan tetap didukung dengan pembaruan keamanan yang membantu melindungi PC Anda dari virus, spyware, dan malware lainnya hingga 14 Oktober 2025,” bunyi pernyataan tersebut.

Microsoft hanya akan mengizinkan Anda untuk membeli lisensi Windows 11 melalui situs webnya sendiri dan salinan baru Windows 10 tidak akan dapat diaktifkan lagi melalui Situs Web Microsoft dengan harga $139 untuk Windows 10 Home, atau $199 untuk Windows 10 Pro.

Meski demikian, masih banyak cara lain untuk mengunduh sistem operasi atau membelinya dalam bentuk DVD di toko pihak ketiga. Misalnya, Amazon menawarkan versi OEM Windows 10 Home dan Windows 10 Pro pada DVD. Di Indonesia, sistem operasi Windows 10 dapat dibeli dari beberapa distributor baik secara online di beberapa e-commerce maupun secara offline.

Cukup jelas mengapa Microsoft berada di jalur untuk menghentikan penjualan Windows 10; mereka ingin mendorong sebanyak mungkin orang ke sistem operasi Windows 11 secepat mungkin. Microsoft akan mengakhiri dukungan Windows 10 pada 14 Oktober 2025, yang berarti tidak ada lagi perlindungan keamanan atau antivirus/malware. Tidak mengherankan, Microsoft lebih suka pelanggan tidak menunggu untuk melakukan pemutakhiran gratis dari Windows 10 ke Windows 11.

Untuk lebih jelasnya, unduhan ISO gratis akan tetap ada di halaman Dukungan Microsoft (Anda bahkan masih dapat menemukan unduhan ISO Windows 8.1.) Hanya penjualan kunci produk yang terpengaruh. Sehingga, akan lebih sulit untuk mendapatkan kunci produk Windows 10 yang baru. Men-downgrade dari Windows 11 ke Windows 10 seharusnya tidak terpengaruh karena banyak PC baru masih menawarkan opsi downgrade yang didukung oleh kunci produk Windows 11 standar. [nadira]

Tags Terkait

-
 
Related News
Popular News
 

News Topic