auto

Mitsubishi Lakukan Debut Global untuk Compact SUV Baru XForce di GIIAS 2023

Penulis Rahma K
Aug 15, 2023
Mitsubishi XForce di GIIAS 2023. (Foto: ThePhrase.id/Fauzan)
Mitsubishi XForce di GIIAS 2023. (Foto: ThePhrase.id/Fauzan)

ThePhrase.id – Setelah versi konsepnya, XFC Concept, diperkenalkan ke beberapa kota di Indonesia, dan desain versi produksinya dipamerkan di awal Agustus ini, Mitsubishi akhirnya merilis dan mengungkapkan nama SUV terbarunya, yakni Mitsubishi XForce.

Mitsubishi Motors Corporation merilis mobil ini untuk pertama kalinya di dunia atau melakukan World Premiere untuk mobil ini di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Mobil yang masuk dalam segmen compact SUV ini telah diluncurkan dan dapat dipesan oleh masyarakat Indonesia. Mitsubishi menjual mobil ini dalam dua varian, Exceed sebagai varian terendah, dan Ultimate sebagai varian tertinggi. XForce Exceed dijual seharga Rp379.900.000, dan XForce Ultimate dijual seharga Rp412.900.000.

Mitsubishi Lakukan Debut Global untuk Compact SUV Baru XForce di GIIAS 2023
Peluncuran Mitsubishi XForce di GIIAS 2023. (Foto: ThePhrase.id/Fauzan)

Mitsubishi mengatakan XForce ini adalah model baru yang mengikuti jejak seri Xpander sebagai model all-new yang lahir di Indonesia. Nantinya, mobil ini juga akan diproduksi di Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, dan akan dipasarkan ke negara-negara ASEAN lainnya, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, hingga Afrika.

Dari sisi eksterior, tampilan dari mobil ini gagah dan garang dengan grille bentuk trapesium, spatbor berotot, dan headlamp berbentuk huruf 'T' yang khas dan mudah untuk dikenali. Sementara itu, bodi belakangnya minimalis dengan emblem logo Mitsubishi dan juga lampu berbentuk huruf 'T' yang sama dengan bagian depannya.

Dimensi dari mobil ini adalah 4.390 mm untuk poanjangnya, 1.819 untuk lebarnya, 1.660 untuk tingginya, 2.650 untuk wheelbasenya, dan 222 mm untuk ground clearancenya. Kombo antara ground clearance ini dengan roda 18 inci dan ban berdiameter besar diklaim dapat melibas jalanan yang 'kasar'.

Mitsubishi Lakukan Debut Global untuk Compact SUV Baru XForce di GIIAS 2023
Interior Mitsubishi XForce. (Foto: ThePhrase.id/Rahma)

Masuk ke dalam kabin, XForce terasa mewah dengan sentuhan kain mélange yang digunakan sebagai pelapis panel instrumen, serta terasa canggih dengan layar panel instrumen dan head unit yang menyatu dan membentang panjang, mengacu pada konsep Horizontal Axis.

Layar ini disebut dengan Smartphone-link Display Audio (SDA) yang berukuran 12,3 inci yang dapat disambungkan ke smartphone pengendaranya melalui aplikasi Android Auto dan juga Apple CarPlay. Tak hanya itu, layar tersebut juga mendukung fitur WebLink yang memungkinkan layar smartphone untuk ditampilkan ke layar tersebut.

Masih di area kabin, mobil ini menjadi model pertama yang dilengkapi dengan Dynamic Sound Yamaha Premium yang dikembangkan bekerja sama dengan Yamaha Corporation. Sistem ini terdiri dari delapan speaker, tweeter depan di pilar A kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speaker koaksial dua arah di pintu belakang.

Mitsubishi Lakukan Debut Global untuk Compact SUV Baru XForce di GIIAS 2023
Mitsubishi XForce di GIIAS 2023. (Foto: ThePhrase.id/Fauzan)

Masuk ke bahasan mesin, untuk XForce, Mitsubishi menggunakan mesin yang sama dengan mesin Mitsubishi Xpander. Mesin tersebut berkapasitas 1.499 cc tipe 4A91, DOHC 16-valve 4 silinder yang dapat mengeluarkan tenaga maksimum hingga 77 kW atau 104 ps pada 6.000 rpm, dan torsi maksimum hingga 141 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara itu untuk transmisinya, Mitsubishi hanya menawarkan transmisi CVT atau matic untuk kedua varian yang dijual, tidak menjual varian manual. 

Untuk fiturnya, mobil ini dilengkapi dengan empat pilihan mode berkendara atau drive mode yang dapat disesuaikan dengan medan berkendara, seperti Normal, Wet, Gravel, Mud. Wet mode sendiri merupakan mode berkendara yang baru pertama kali disematkan pada model mobil Mitsubishi.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti Dual Zone Auto Climate Control, serta fitur-fitur keselamatan seperti ADAS, Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, dan Tire Pressure Monitoring System. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic