auto

Motor Listrik Electrum H5 Resmi Meluncur, Kepoin Spesifikasinya!

Penulis Rahma K
Nov 20, 2023
Motor listrik Electrum H5. (Foto: electrum.id)
Motor listrik Electrum H5. (Foto: electrum.id)

ThePhrase.id – Seiring meningkatnya pamor kendaraan listrik, tak terkecuali motor listrik, maka semakin banyak juga perusahaan yang mengeluarkan produk dan inovasi motor listrik yang baru. Salah satunya adalah motor listrik brand Electrum.

Electrum, perusaaan patungan antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk (TBS), secara resmi meluncurkan produknya yang diberi nama Electrum H5 pada Kamis (9/11). Electrum H5 hadir dalam dua varian, yakni Performance dan Eco.

Pada tahap awal, Electrum H5 belum dijual secara ritel. Melainkan, baru dapat digunakan untuk kalangan terbatas, yakni, mitra driver Gojek. Pada peluncuran resminya, Electrum juga memberikan sepuluh unit motor listrik tersebut pada driver Gojek. Electrum juga akan menambah 500 unit untuk layanan GoRide Electric secara bertahap hingga akhir tahun 2023.

"Kami menyambut baik hadirnya motor listrik Electrum H5 sebagai armada terbaru bagi layanan GoRide Electric yang terus kami perluas untuk menjangkau lebih banyak mitra pengemudi dan pelanggan," ujar Chief of Transport Officer On-Demand Services Grup GoTO, Shobhit Singhal pada peluncurannya, dikutip dari Antaranews.

Terlebih lagi, Electrum juga tengah mendaftarkan motor listrik tersebut untuk mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Dengan adanya sertifikat ini, maka Electrum H5 dapat masuk dalam jajaran motor listrik yang mendapatkan subsidi dan insentif pemerintah.

Motor Listrik Electrum H5 Resmi Meluncur  Kepoin Spesifikasinya
Motor listrik Electrum H5. (Foto: electrum.id)

Spesifikasi Electrum H5

Terkait spesifikasinya, kedua varian H5 memiliki dimensi yang sama, yakni panjang 1.860 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1.120 mm. Tetapi, keduanya memiliki perbedaan pada berat, output, torsi, dan kapasitas baterai.

Electrum H5 Performance memiliki berat 110 kg, output tenaga maksimal 5,2 kW atau sekitar 6,9 hp pada 3.000 rpm, torsi maksimum 31 Nm pada 1.600 rpm, dan kapasitas baterai 1,8 kWh/baterai dengan jarak tempuh 120 km (penggunaan dua baterai).

Sementara Electrim H5 Eco memiliki berat yang lebih enteng 100 kg, dengan output yang juga lebih kecil, 2,6 kW atau 3,4 hp pada 3.000 rpm, torsi maksimal 27 Nm pada 1.600 rpm, dan kapasitas baterai 1,8 kWh/baterai dengan jarak tempuh hingga 60 km.

Salah satu keunggulan motor listrik ini adalah didesain untuk jalanan Indonesia dan disesuaikan untuk penggunaan masyarakat Indonesia, yakni umumnya dengan penumpang, sehingga diklaim nyaman bagi penumpang dan juga pengendara.

Terlebih lagi, sebagai motor listrik yang menggunakan sistem battery swap, Electrum mengklaim proses swap Electrum H5 mudah dan hanya membutuhkan satu menit untuk mendapatkan baterai baru. Lokasi swap juga dapat ditemukan melalui aplikasi. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic