Nadine Chandrawinata, Aktivis Peduli Lingkungan Pendiri Sea Soldier

- Advertisement -spot_imgspot_img

ThePhrase.id – Pasangan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara sedang berbahagia. Nadine baru saja melahirkan anak pertama mereka yang bernama Nadi Djiwa Anggara. Ia juga kerap membagikan momen bersama anak tercinta pada laman Instagramnya.

Dibalik sosok Ibu yang mencintai sang anak, Nadine merupakan seorang petualang dan aktivis lingkungan. Bahkan, ia juga merupakan salah satu penginisiasi dari Sea Soldier, sebuah organisasi yang bergerak di bidang lingkungan dan laut.

Perempuan blasteran Jerman – Indonesia ini memang dikenal publik sebagai model, aktris, dan pembawa acara. Namanya pertama kali tenar saat ia didapuk menjadi Puteri Indonesia pada tahun 2005. Ia kemudian mewakili Indonesia pada ajang Miss Universe pada tahun 2006.

Nadine Chandrawinata. (Foto: instagram/nadinelist)

Setelah itu, namanya mulai dikenal masyarakat dan ia mulai aktif membintangi sejumlah film seperti Mati Suri (2009), Bidadari-Bidadari Surga (2012), Erau Kota Raja (2015), dan masih banyak lagi. Ia juga dikenal sebagai pembawa acara dari program dokumenter wisata My Trip My Adventure yang tayang di Trans TV (2014-2018).

Namun, jauh sebelum menjadi host acara dokumenter wisata alam, Nadine telah menjadi “aktivis” pecinta lingkungan. Pasalnya, orang tua Nadine kerap mengajak dirinya berwisata alam ke gunung dan laut sejak ia kecil.

Kecintaannya terhadap alam telah muncul sedari kecil. Melihat laut yang kian lama makin terpolusi dengan sampah membuat hatinya tergerak untuk melakukan sesuatu. Pada tahun 2015, ia kemudian menginisiasi organisasi Sea Soldier bersama Dinni Septianingrum.

Nadine Chandrawinata. (Foto: instagram/nadinelist)

Aksi yang ia lakukan bersama Sea Soldier dimulai dari media sosial dengan meningkatkan kesadaran untuk melestarikan dan menjaga lingkungan. Seiring berjalannya waktu, Sea Soldier kemudian berkembang dan melakukan berbagai aksi nyata.

“Ini merupakan komitmen diri dan aksi nyata dalam menyebar virus ramah lingkungan dengan memanfaatkan jejaring media sosial. Kita ingin mengajak masyarakat untuk berkomitmen menjaga lingkungan bersama,” ungkap Nadine, dilansir dari Kumparan.

Beberapa aksi Nadine bersama Sea Soldier antara lain menanam pohon mangrove atau bakau di pantai, membersihkan pantai, melakukan pelatihan ecobrick dan melakukan pelayaran lumba-lumba. Hingga saat ini, Sea Soldier telah berjalan selama tujuh tahun dan telah beroperasi di 15 kota di Indonesia.

Nadine Chandrawinata. (Foto: instagram/nadinelist)

Nadine juga kerap membagikan cara dirinya mencintai lingkungan seperti mendaur ulang sampah, barang-barang rumah tangga yang sudah tak digunakan, hingga memilah sampah. Karena, menurutnya menjaga bumi merupakan wajiban setiap orang yang tinggal di bumi.

“Melindungi bumi itu mudah kok, tetapi memang intinya harus ada kemauan dari setiap individu. Hal itulah yang harus kita tanamkan sejak dini, setiap individu itu memiliki kewajiban untuk menjaga bumi, karena kita ini menumpang hidup di bumi. Kalau bumi rusak, udara tercemari, kita tinggal d mana?” ungkapnya, dilansir dari Berita Satu.

Atas kecintaannya dan aktivismenya pada lingkungan, ia diangkat menjadi Duta Gajah Sumatera (2009) oleh Lembaga Eks-Situ Taman Safari Indonesia, Duta Aku Cinta Indonesia (2010), Duta Hak Asasi Manusia bidang Lingkungan (2015) oleh Komnas HAM, dan Duta Wisata Bahari (2017) oleh Yayasan Taman Wisata Dunia. [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you