auto

Nikmatnya Berganti Gigi dengan Menggunakan Quick Shifter

Penulis Rahma K
Oct 16, 2023
Quick shifter pada BMW S1000RR. (Foto: bmw-motorrad.co.id)
Quick shifter pada BMW S1000RR. (Foto: bmw-motorrad.co.id)

ThePhrase.id – Apakah kamu pernah mendengar istilah teknologi quick shifter? Para pengendara sepeda motor manual dan penggemar otomotif pasti tak lagi asing dengan teknologi  atau komponen satu ini.

Berbeda dengan lima hingga sepuluh tahun yang lalu, di mana teknologi quick shifter hanya dapat dinikmati oleh para pengguna motor gede (moge) dengan harga ratusan juta, dewasa ini quick shifter telah disematkan oleh pabrikan otomotif pada berbagai motor.

Teknologi quick shifter kini telah dapat ditemukan pada beberapa motor manual bermesin 150 cc, motorsport, dan juga motor balap. Komponen ini memiliki hubungan dengan sistem kopling yang mana mempermudah pengendara saat perpindahan gigi.

Pada umumnya, quick shifter lebih banyak digunakan pada motor balap dan moge, di mana kecepatan adalah salah satu hal yang dibutuhkan. Namun, jika sistem pemindahan gear terasa berat, maka dapat membuat pengendara lebih cepat lelah.

Tahapan yang dibutuhkan untuk berpindah gigi cukup banyak, yakni dimulai dari menurunkan gas, menekan kopling, memasukkan gear, dan kemudian kembali membuka gas.

Karena itu, diciptakanlah teknologi yang memudahkan proses ini yang dinamakan quick shifter. Quick shifter adalah komponen elektronik digital yang diadakan dengan tujuan membantu berpindahan gigi tanpa harus menarik tuas kopling.

Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan modul yang fungsinya memutus pengapian. Dalam kata lain, quick shifter akan membuat mesin kendaraan mati dalam sepersekian detik, sehingga gigi dapat berpindah dengan cepat dan mulus. Mesin dimatikan dengan tujuan menurunkan gas, lalu kemudian kampas kopling dapat berpindah dengan aman.

Nikmatnya Berganti Gigi dengan Menggunakan Quick Shifter
Quick shifter pada BMW S1000RR. (Foto: wikipedia.org/Andrew Basterfield)

Sementara itu, cara untuk mengaktifkan fitur ini berbeda pada tiap motor. Pada Honda CBR250RR, motor harus dalam kondisi diam, kemudian pengendara perlu menekan tombol yang biasanya digunakan untuk mengganti riding mode selama dua detik. Setelah itu, indikator akan muncul di layar panel.

Sedangkan pada motor lainnya, cara mengaktifkan quick shifter adalah dengan menginjak tuas perseneling ketika tangan masih memutar gas, sehingga transmisi akan berpindah ke gigi yang lebih tinggi.

Perlu diketahui bahwa quick shifter hanya dapat dilakukan untuk menaikkan gigi, dan tidak untuk menurunkan gigi. Untuk menurunkan, pengendara tetap harus menarik tuas kopling.

Terkait pemasangannya pada motor manual yang belum mendapatkan quick shifter dari pabrikan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pasalnya, tidak semua jenis motor bisa dipasangkan quick shifter ini.

Syarat utamanya adalah motor harus sudah injeksi dan tidak bisa digunakan pada motor dengan karburator. 

Motor karburator tidak dapat ditambahkan komponen quick shifter ini karena memiliki tegangan yang berbeda. Quick shifter memiliki tegangan yang tergolong tinggi, yakni hingga 12 volt. Karena itu, jika dipasang pada motor berkarburator dapat menyebabkan konslet. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic