lifestyle

Pantai Ternyata Berikan Berbagai Manfaat untuk Kesehatan Mental, Ini Alasannya!

Penulis Rahma K
Dec 03, 2023
Ilustrasi perempuan di pantai. (Foto: pexels/Anna Tarazevich)
Ilustrasi perempuan di pantai. (Foto: pexels/Anna Tarazevich)

ThePhrase.id – Pantai dan laut memang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang digemari masyarakat dunia. Tetapi tahukah kamu, ternyata selain sekadar menjadi tempat wisata, mengunjungi pantai juga dapat berdampak baik pada kesehatan mental?

Akumulasi antara deburan ombak yang memanjakan telinga, pasir pantai yang hangat di kaki, warna air yang biru menyejukkan mata, hembusan angin yang sepoi-sepoi ternyata memberikan efek psikologis dan emosional manusia.

Dilansir dari halodoc, seorang profesor kesehatan bernama Orfeu Buxton dari Pennsylvania Sate University mengatakan gemerisik debut ombak di pantai, dengan desiran pasir dan hembusan angin laut dapat memberikan sensasi menenangkan.

Bahkan, suara ombak juga dikatakan sebagai bunyi yang dapat membantu seseorang mencapai kondisi meditasi yang maksimal, menjernihkan pikiran, mengurangi tingkat stres, hingga memperkuat fungsi otak.

Maka, tak heran jika banyak orang dari berbagai belahan dunia yang kerap menyetel suara deburan ombak sebagai back sound di kamar untuk membantu menciptakan perasaan yang rileks. 

Terlebih lagi, dikutip dari Verywell Mind, tiga alasan utama yang dapat menjelaskan manfaat ini adalah air, matahari, dan udara di pantai. Ketiga elemen alam ini membantu pikiran menjadi rileks sehingga berdampak pada psikologis. Agar lebih paham, simak penjelasan lebih dalamnya:

Pantai Ternyata Berikan Berbagai Manfaat untuk Kesehatan Mental  Ini Alasannya
Ilustrasi berlibur di pantai. (Foto: pexels/Mariia Kamenska)

1. Manfaat menatap warna biru laut

Menurut penelitian, berdekatan dan melihat perairan biru seperti laut, kolam, sungai, dan danau berpotensi memberikan berbagai kesehatan mental dan fisik seperti:

  • Peningkatkan relaksasi
  • Interaksi sosial yang baik
  • Peningkatan kesehatan otak
  • Peningkatan aktivitas fisik

2. Manfaat menghidup udara pantai

Udara yang segar memang terbukti bermanfaat baik untuk kesehatan pikiran dan tubuh, tak terkecuali udara pantai. Bahkan, menurut konsultan psikiater dari RS Roehampton di London, Dr Natasha Bijlani, udara laut dapat membantu tidur lebih baik. Hal ini dikarenakan udaranya yang lebih bersih dengan kadar oksigen yang lebih tinggi.

3. Manfaat sinar matahari hangat pantai

Terakhir, pantai juga menjadi tempat yang tepat untuk berjemur. Jangan salah, manfaat berjemur bukan hanya untuk membuat kulit menjadi lebih gelap, tetapi juga untuk mendapatkan vitamin D.

Para ahli menemukan bahwa sinar matahari yang cukup berdampak positif pada kesehatan mental. Karena, sinar matahari dapat meningkatkan kadar serotonin, neurotransmitter yang terlibat dalam fungsi suasana hati. 

Matahari juga membantu kita mendapatkan vitamin D, yang mana penting untuk mood kita. Terlebih lagi, vitamin D dapat bantu jaga kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Secara keseluruhan, bersantai di pantai dapat membantu menghilangkan stres, karena pantai menyediakan ruang bagi orang dewasa dan anak-anak untuk berkegiatan secara aktif dan bersenang-senang di alam.

Kemampuan untuk bersantai dan mengesampingkan keperluan dan tugas-tigas lain selama beberapa jam menjadi salah satu alasan orang-orang berlibur dan mencari hiburan ke pantai. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic