auto

Pemerintah Lakukan Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti, Sistem Tapping E-Toll Perlahan Dihapus

Penulis Rahma K
Nov 30, 2023
Jalan Tol Bali-Mandara. (Foto: djkn.kemenkeu.go.id)
Jalan Tol Bali-Mandara. (Foto: djkn.kemenkeu.go.id)

ThePhrase.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada kunjungan kerja ke Bali, Rabu (22/11) meninjau simulasi penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) di Jalan Tol Bali-Mandara.

Seperti yang diketahui, inovasi jalan tol nirsentuh MLFF yang memungkinkan pengguna tol untuk tidak berhenti saat melewati gerbang tol tengah dikembangkan oleh pemerintah untuk dapat diterapkan di Indonesia.

Saat ini, uji coba MLFF tengah dilakukan di jalan tol di Bali. Menurut Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono, uji coba transisi MLFF pada tahap awal hanya akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai.

"Uji coba telah dimulai sejak Minggu ke-2 November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya. Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah," kata Triono, dilansir dari laman resmi PUPR.

Menteri Basuki mengatakan bahwa uji coba MLFF ini merupakan sebuah transisi. Seperti halnya transisi dari transaksi tunai menjadi nontunai dengan tapping e-toll sebelumnya. Dengan begitu, Menteri Basuki menekankan pentingnya sosialisasi yang jelas pada masyarakat.

Pemerintah Lakukan Uji Coba Bayar Tol Tanpa Berhenti  Sistem Tapping E Toll Perlahan Dihapus
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau simulasi penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh MLFF di Jalan Tol Bali-Mandara, Rabu (22/11/2023). (Foto: bpjt.pu.go.id)

"Teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkant eknologi," ujar Menteri Basuki, dikutip dari keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, Menteri Basuki mengatakan agar papan informasi yang jelas terkait uji coba ini perlu diterapkan agar masyarakat siap sebelelum memasuki jalur khusus pada jalan tol Bali-Mandara tersebut.

"Agar diberikan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba penerapan MLFF sehingga masyarakat siap dari saat sebelum masuk Jalan Tol Bali-Mandara," ungkap Menteri Basuki.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian yang juga hadir dalam peninjauan tersebut berharap proses transisi penerapan MLFF ini untuk dapat berjalan dengan cepat.

"Makin cepat makin bagus, tapi harus kita evaluasi simulasi pelaksanaannya. Perlahan kita hapus penggunaan tapping, tapi saat ini masih hibrid antara MLFF dan tapping," ujarnya.

Setelah uji coba sistem transaksi tol nontunai nirsentuh MLFF di jalan tol Bali-Mandara dan lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai dilakukan, sistem ini selanjutnya akan mulai diterapkan pada seluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024 mendatang. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic