lifestyle

Pentingnya Double Cleansing pada Wajah Setelah Beraktivitas di Tengah Polusi Udara

Penulis Rahma K
Oct 08, 2023
Ilustrasi membersihkan wajah. (Foto: freepik/pressfoto)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Foto: freepik/pressfoto)

ThePhrase.id – Jika sebelum ini kamu adalah orang yang malas untuk membersihkan wajah setelah berkegiatan seharian, maka setelah polusi udara memburuk, malas tak lagi dapat menjadi alasan tak membersihkan wajah.

Terlebih lagi, jika kamu mengenakan makeup seharian dan terkena polusi udara. Bukan hanya kamu harus membersihkan wajah biasa, tetapi melakukan double cleansing agar dapat membersihkan secara menyeluruh dan tidak hanya di permukaan saja.

Apa itu double cleansing? Double cleansing adalah teknik membersihkan wajah dengan dua tahap atau pembersihan ganda. Disebut dua tahap karena pembersihannya menggunakan dua bahan pembersih wajah yang berbeda.

Tahap pertama

Pada tahap pertama, produk pembersih yang digunakan adalah yang berbahan dasar minyak. Guna membersihkan wajah dengan produk pertama ini adalah karena kandungan minyak dapat efektif mengangkat kotoran yang menempel pada permukaan dan juga pori-pori kulit wajah.

Beberapa produk yang dapat digunakan pada tahap pertama ini adalah seperti cleansing balm, oil cleanser, milk cleanser, makeup remover, dan micellar water. Selain itu, minyak-minyakan seperti minyak zaitun, minyak jojoba, minyak almond, hingga minyak biji bunga matahari juga dapat digunakan untuk membersihkan pada tahap satu.

Dalam membersihkan di tahap ini, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu meminimalisir pemindahan kotoran dari tangan ke wajah. Untuk menggunakannya kamu dapat menuangkan produk ke kapas dan mengusapkan pada wajah.

Namun, pada beberapa produk yang lain seperti milk cleanser dan cleansing balm, kamu dapat menggunakannya dengan tangan dan aplikasikan langsung ke wajah hingga seluruh makeup dna kotoran terangkat, lalu lap dengan handuk.

Pentingnya Double Cleansing pada Wajah Setelah Beraktivitas di Tengah Polusi Udara
Ilustrasi membersihkan wajah. (Foto: freepik/pvproductions)

Tahap kedua

Banyak orang yang masih melewatkan tahap pertama dan membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar hanya dengan sabun muka ketika mandi. Padahal, tahap pertama penting dilakukan untuk mengangkat seluruh kotoran yang menempel di permukaan dan pori-pori. 

Setelah wajah dibersihkan di tahap pertama, barulah gunakan sabun muka untuk memberishkan secara mendalam. Sabun muka digunakan di tahap kedua berfungsi sebagai pembersih kotoran yang tersisa atau belum hilang, dan juga mengangkat sisa bahan kimia dari produk-produk di tahap pertama.

Manfaat double cleansing

Bagi sebagian orang, double cleansing mungkin merupakan hal yang kurang praktis dan membutuhkan banyak waktu serta harus membeli produk tambahan disamping facial wash

Tetapi, pembersihan ganda ini dilakukan bukan tanpa sebab. Seperti yang telah dipaparkan di bagian tahap pertama dan kedua, double cleansing memiliki manfaat yang baik bagi kulit wajah serta menjaga kesehatan kulit.

Manfaat utamanya tentu untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Selain itu, manfaatnya juga untuk mencegah penyumbatan pori-pori wajah yang dapat menyebabkan permasalahan pada kulit lainnya seperti komedo, iritasi, dan jerawat. 

Terlebih lagi, membersihkan wajah secara menyeluruh dengan double cleansing dapat mengoptimalkan penyerapan skincare yang digunakan setelahnya. Karena dengan kondisi wajah yang kurang bersih, skincare akan sulit menembus kulit. 

Terkait penggunaan double cleansing, kamu dapat melakukan teknik pembersihan ganda ini satu kali sehari. Bisa di akhir hari setelah kembali ke rumah dari beraktivitas di luar, sehingga dapat beristirahat dengan kondisi wajah yang bersih. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic