ThePhrase.id – Ramaikan pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, PT Indomobil National Distributor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Citroën di Indonesia menghadirkan model terbaru untuk pasar dalam negeri, yakni Citroën Basalt.
Penampilan perdana mobil yang masuk dalam segmen SUV Coupé ini menandai langkah baru bagi Citroën di segmen SUV, melanjutkan kesuksesan lini produk Ë-C3 dan C3 Aircross SUV.
Tan Kim Piaw selaku CEO Citroën Indonesia menyampaikan pada pembukaan booth Citroën di GJAW 2024 bahwa Basalt menjadi SUV Coupé yang berkarakter dan siap memberikan pengalaman berkendara yang berbeda di kelasnya.
Sesuai dengan namanya yang terinspirasi dari kekuatan batuan vulkanik, Basalt menghadirkan konsep ketangguhan dan ketenangan yang tercermin pada desain eksterior yang berani namun tetap mengedepankan sisi elegannya.
Citroën Basalt mengusung tagline "The Unthinkable" karena desainnya yang berani dan unik sebagai SUV Coupé. Basalt menggabungkan elemen sporty dengan karakter kuat khas SUV, mengedepankan siluet ramping dengan lekukan dinamis khas Coupé pada atap belakang yang memberikan kesan sporty sekaligus elegan.
Lekukan pada garis atap sisi belakang mobil menunjukan keanggunan siluet Coupé yang memberikan kesan dinamis tanpa mengorbankan bentuk dan area jendela. Kombinasi garis aerodinamis dan lekukan halus memberikan kesan kokoh tanpa mengurangi estetika modernnya.
Mobil ini dirancang dengan ground clearance yang tinggi untuk memberikan kenyamanan dan posisi berkendara yang optimal. Diamond Cut Alloy Wheel berukuran 16 inci yang stylish menambah kesan eksklusif dan tangguh. Sebagai ciri khas Citroën, lampu depan X Shaped Split DRL dipadukan dengan LED Vision Projector yang berteknologi tinggi, memastikan visibilitas optimal yang mendukung pengalaman berkendara lebih aman.
Lebih lanjut, Basalt juga dilengkapi dengan lampu belakang 3D Blade Tail Lamps yang terdiri dari 3 garis gradien, menjadikan Basalt sebuah SUV yang tampil mencolok dan memikat. Disamping itu, bukaan bagasi yang lebih lebar menghasilkan ruang penyimpanan yang luas berkat konsep Coupé yang memberikan kemudahan aksesibilitas barang bawaan.
SUV Coupé dari Citroën ini dilengkapi shark fin antenna dan akan hadir dengan warna-warna cerah dan kontras, mempertegas karakteristik SUV Coupé yang kuat dan menonjol.
Sebelum diperkenalkan di Indonesia, model ini telah terlebih dahulu dipamerkan di pasar otomotif India dan Amerika Serikat pada Maret 2024 lalu. Sedangkan peluncurannya telah dialkukan di India pada Agustus 2024.
Sementara itu untuk di Indonesia, Tan menyampaikan Citroën belum bisa memperkenalkan harga karena masih 'diramu' ataupun mempublikasikan spesifikasi yang ditawarkan untuk pasar Indonesia. Perkiraannya, sekitar bulan Maret di tahun 2025 mendatang Citroën baru akan memperkenalkannya secara resmi. [rk]