ThePhrase.id – Sony Honda Mobility (SHM), perusahaan patungan Sony dan Honda akhirnya mengumumkan dan memperkenalkan nama brand mobil listrik buatannya, yakni Afeela pada Consumer Electronics Show (CES) 2023 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat pada Januari 2023 ini.
Peluncuran ini dibawakan langsung oleh CEO dari SHM, Yasuhide Mizuno. SHM juga turut membawa mobil konsep atau prototype-nya pada event tersebut untuk memberikan gambaran terhadap mobil versi produksi dari brand tersebut.
CEO SHM, Yasuhide Mizuno. (Foto: shm-afeela.com)
Kendati demikian, belum banyak informasi yang dipublikasi secara detail oleh perusahaan ini. Selain mengungkapkan nama brand barunya, SHM mengumumkan bahwa pre-order dijadwalkan akan mulai di paruh pertama tahun 2025. Penjualannya dimulai di tahun yang sama untuk negara asalnya, dan akan dimulai pada musim semi 2026 untuk Amerika Utara.
Sementara itu, untuk nama 'Afeela' itu sendiri, dikatakan dipilih karena merepresentasikan 'feel' atau rasa, yang merupakan pusat pengalaman mobilitas yang dipertimbangkan oleh SHM. Afeela juga mengungkapkan hubungan interaktif di mana orang 'merasa(kan)' mobilitas yang cerdas, dan mobilitas 'merasa(kan)' orang yang menggunakan teknologi IT.
Untuk tampilannya, mobil prototipe yang diboyong memilki desain eksterior yang minimalis, dengan moncong yang panjang dan bagian belakang yang melandai ala mobil sedan pada umumnya.
Prototipe mobil Afeela dari SHM. (Foto: shm-afeela.com)
Begitu juga tampilan interiornya yang tak banyak memiliki aksesoris, dengan warna putih yang minimalis dan dasbor pengemudi dan penumpang depan yang dipenuhi dengan layar. Kabin yang simpel dilengkapi dengan setir kemudi bergaya yoke dan pemilihan transmisi yang dihadirkan dalam bentuk knop putar.
Sony dan Honda mengatakan memiliki konsep untuk menciptakan kabin yang sesimpel mungkin dengan meminimalkan ornamen dan warna yang mengganggu. Tujuannya adalah untuk mewujudkan pengalaman yang berpusat pada manusianya. Untuk itu, SHM menciptakan fungsionalitas yang diinginkan orang.
Namun, di luar eksterior dan interior yang minimalis dari mobil konsep ini, terdapat sebuah sentuhan yang membuat banyak orang tertarik dan kagum. Sentuhan tersebut adalah sebuah fitur eksterior yang diberi sebutan "Media Bar".
Prototipe mobil Afeela dari SHM. (Foto: shm-afeela.com)
Dilansir dari laman SHM Afeela, "Media Bar" yang disematkan sederet dengan headlamp ramping di bagian depan mobil tersebut merupakan suatu yang 'khas' dari mobil ini. "Media Bar" ini merupakan fitur interaktif yang dapat memunculkan nama Afeela, memberi tahukan cuaca, dan lain-lain.
Pada intinya, SHM ingin menciptakan sebuah komunikasi interaktif antara mobilitas dengan manusia. Bukan hanya dengan penumpang di dalamnya, tetapi dengan orang di sekitar mobil tersebut.
Selain itu, SHM juga mengedepankan keselamatan dan keamanan. "Karena keselamatan dan keamanan sangat penting untuk mobilitas, kami akan mengintegrasikan sensor Sony dan keamanan Honda bersama dengan teknologi cerdas lainnya," ujar Yasuhide Mizuno, dilansir dari AP News.
Interior prototipe mobil Afeela dari SHM. (Foto: shm-afeela.com)
Sebelum peluncurannya di awal Januari 2023 ini, Sony Honda Mobility juga akan 'menanamkan' konsol PlayStation 5 atau PS5 pada mobil listrik buatannya. Pasalnya, Sony merupakan perusahaan yang membuat PS5, dan ditanamkannya gaming console ini dapat menjadi pesaing Tesla.
Tak berhenti di situ, pada perkenalan brand baru ini, Sony dan Honda juga menyampaikan rencana menyematkan chipset Snapdragon terbaik dari Qualcomm, yakni Snapdragon Digital Chassis demi menghadirkan UI dan grafis terbaik serta sistem otomasi level 3. [rk]