auto

Pindad Perkenalkan EV-Scooter, Prototipe Skuter Listrik yang Akan Diproduksi Massal

Penulis Rahma K
Jan 08, 2024
Motor listrik EV-Scooter buatan Pindad. (Foto: Instagram/pt_pindad)
Motor listrik EV-Scooter buatan Pindad. (Foto: Instagram/pt_pindad)

ThePhrase.id – Bukan hanya produksi kendaraan perang, ternyata PT Pindad yang merupakan merek kendaraan asli Indonesia juga merambah ke arah elektrifikasi dengan memperkenalkan prototipe skuter listrik.

Prototipe yang diperkenalkan pada penghujung tahun 2023, lebih tepatnya pada 29 Desember 2023 ini disebut dengan nama EV-Scooter. Pengenalan ini bersamaan dengan kegiatan silaturahmi akhir tahun yang dihadiri jajaran direksi PT Pindad Enjiniring Indonesia (PT PEI) dan jajaran VP dan GM, serta karyawan PT Pindad.

Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa membeberkan bahwa EV-Scooter ini merupakan salah satu produk hasil inovasi PT Pindad yang ditargetkan untuk diproduksi secara massal dan dalam prosesnya bekerja sama dengan PT PEI.

"Alhamdulillah teman-teman PT PEI bekerja sama dengan PT Tangkas Elektrik sudah bisa mendukung mass production ini selain untuk assembly, tetapi kita libatkan dalam proses pengembangan produk bersama dengan divisi Inovasi Pindad. Untuk supply chain manufacturing sepenuhnya di PT PEI. Dengan diluncurkannya EV-Scooter, di Januari 2024 ini kita bisa segera mendapatkan kontrak & produksi massal," ungkap Sigit, dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (29/12/2023).

Pindad Perkenalkan EV Scooter  Prototipe Skuter Listrik yang Akan Diproduksi Massal
PT Pindad perkenalkan prototipe EV-Scooter. (Foto: pindad.com)

EV-Scooter sendiri merupakan skuter listrik yang didesain untuk mobilitas harian masyarakat Indonesia. Namun, motor ini juga memiliki tujuan penggunaan lain, yakni sebagai angkutan transportasi online, kargo, maupun jasa pengantara ekspedisi.

Sebagai kendaraan listrik tentunya skuter ini akan ramah lingkungan. Tetapi, EV-Scooter juga diklaim hemat energi dengan ditenagai BLDC 3 kW, menggunakan baterai 72 V 36 Ah.

Motor listrik ini diklaim memiliki kecepatan maksimal 70 km per jam, dan dapat menempuh jarak tempuh hingga 100 km dalam satu kali pengisian daya dan dibutuhkan waktu 2-3 jam untuk pengisian dayanya.

Dikutip dari laman resmi Pindad, dikatakan bahwa ke depannya, EV-Scooter ini akan diproduksi oleh PT PEI yang merupakan anak perusahaan PT Pindad. PT PEI sendiri telah memiliki fasilitas untuk memproduksi motor listrik dan telah berpengalaman dalam proses manufaktur sepeda motor listrik.

Dengan pengalaman dan kapabilitas yang dimiliki PT Pindad baik pada lini bisnis hankam, maupun pada produk industrial, EV-Scooter ini diharapkan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia dan menjadi opsi motor listrik buatan anak bangsa. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic