leader

Profil Richard Gadd, Aktor-Komedian yang Jadi Pemeran dan Penulis Serial Netflix Viral 'Baby Reindeer'

Penulis Rahma K
May 15, 2024
Richard Gadd. (Foto: Instagram/mrrichardgadd)
Richard Gadd. (Foto: Instagram/mrrichardgadd)

ThePhrase.id – Belakangan ini, sosok komedian asal Skotlandia Richard Gadd tengah menjadi perbincangan publik setelah membintangi serial Netflix yang viral, Baby Reindeer (2024) sebagai pemeran utama yang bernama Donny Dunn.

Bukan hanya menjadi pemeran utama, tetapi kisah dari serial tersebut diangkat dari kisah nyata Richard Gadd sendiri. Untuk itu, ia juga merangkap sebagai penulis dari serial yang telah bertengger di daftar Netflix Global Top 10 selama empat minggu berturut-turut tersebut.

Baby Reindeer mengisahkan tentang seorang komedian dan bartender bernama Donny Dunn yang bertemu dengan seorang perempuan bernama Martha di bar tempat Donny bekerja. Berawal dari pertemuan sebagai bartender dan pelanggan, Martha pun mulai tertarik dengan Donny.

Profil Richard Gadd  Aktor Komedian yang Jadi Pemeran dan Penulis Serial Netflix Viral  Baby Reindeer
Baby Reindeer tempati peringkat pertama daftar Netflix Global Top 10. (Foto: netflix.com/tudum/top10/tv)

Ketertarikan tersebut semakin membesar hingga membuat Martha mengikuti Donny ke mana pun Donny pergi alias melakukan stalking seperti datang ke bar setiap hari, ke pertunjukan komedi yang diadakan Donny, mengirimkan puluhan ribu email, hingga menguntit ke tempat Donny tinggal.

Selain itu, secara flashback, karakter Donny juga diceritakan pernah mengalami pelecehan seksual secara tidak sadar dari seorang penulis TV ketika ia dicekoki obat-obatan terlarang hingga membuatnya mengalami trauma.

Dengan kelamnya kisah nyata yang dialami Richard Gadd, serial ini melambung di kancah internasional. Para penonton turut bertanya-tanya, mengapa Richard mengangkat pengalaman kelamnya tersebut ke publik sebagai sebuah serial? 

Menanggapi hal ini, Richard mengatakan bahwa tak mudah bagi dirinya untuk mencapai keputusan untuk mengangkat kisah nyatanya sebagai serial. Namun, menurutnya, dengan membagikan kisah ini kepada dunia, ia berharap orang-orang dengan pengalaman yang serupa mendapatkan keberanian untuk menjalani kehidupan mereka ke depan.

Profil Richard Gadd  Aktor Komedian yang Jadi Pemeran dan Penulis Serial Netflix Viral  Baby Reindeer
Richard Gadd pada serial Baby Reindeer (2024). (Foto: Instagram/mrrichardgadd)

"Saya berharap ketika orang-orang yang mengalami hal serupa melihatnya, rasa malunya akan berkurang, dan dapat merasa berani untuk menghadapinya dan tak melihatnya (pengalaman buruk tersebut) sebagai sebuah kecacatan pada karakter mereka. Saya berharap ini (serial Baby Reindeer) dapat memberikan kedamaian. Saya pikir ini memberikan kedamaian bagi saya," ujar Richard.

Sebelum tampil di hadapan dunia sebagai pemeran dan penulis Baby Reindeer, Richard Gadd dikenal sebagai seorang komedian. Ia memulai kariernya sebagai seorang komedian melalui pertunjukan Cheese & Crack Whores (2013), Breaking Gadd (2014) dan Waiting for Gaddot (2015) di Edinburgh Festival Fringe.

Setelah menampilkan berbagai pertunjukan, ia mendapatkan penghargaan atas karya-karyanya seperti Scottish Comedy Award untuk Best Solo Show di tahun 2016, Edinburgh Comedy Award 2016, dan masih banyak lagi.

Profil Richard Gadd  Aktor Komedian yang Jadi Pemeran dan Penulis Serial Netflix Viral  Baby Reindeer
Richard Gadd. (Foto: Instagram/mrrichardgadd)

Salah satu pertunjukannya yang terkenal adalah Baby Reindeer yang menceritakan pengalamannya dikuntit. Pertunjukan tersebut pertama kali  ditampilkan oleh pria bernama lengkap Richard Robert Steven Gadd tersebut di tahun 2019 pada Edinburgh Festival Fringe.

Dimulai dari festival tersebut, pertunjukan Baby Reindeer kemudian ditampilkan di The Bush Theatre London dan berbagai tempat lain. Baby Reindeer memenangkan sederet penghargaan seperti Scotsman Fringe First Award untuk New Writing, Stage Award untuk Acting Excellence, Off West End Theatre Award untuk Best Video Design, hingga Laurence Olivier Award for Outstanding Achievement in an Affiliate Theatre.

Selain penampilian komedi, pria kelahiran 11 Mei 1989 dengan latar belakang akting dari Oxford School of Drama ini juga berperan sebagai aktor pada beberapa drama seperti Against the Law (2017), Clique (2017), Code 404 (2020), dan lain-lain. [rk]

 
Related News
Popular News
 

News Topic