ThePhrase.id - PT MRT berencana membangun ruang multifungsi di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat. Ruang tersebut nantinya akan menghubungkan Stasiun MRT Bundaran HI dengan sejumlah gedung di sekitarnya.
Menurut Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta, Farchad H. Mahfud, rencana pengembangan di Bundaran HI ini cukup masif, mencakup pembangunan interkoneksi dan ruang multifungsi extended concourse Bundaran HI dengan luas sekitar 3.000 meter persegi.
Diketahui, konsep pembangunan ruang multifungsi ini terinspirasi dari kawasan Orchard Road di Singapura, yang merupakan area multifungsi bawah tanah menggabungkan fungsi komersial, publik, dan konektivitas antar bangunan.
"Kalau diperbaiki, ruang ini bisa menjadi satu area yang membuat kita tidak kalah dengan Singapura. Jadi teman-teman, di Singapura di Orchard Road, di bawah tanah masih ada area komersial dan sebagainya; area multifungsi, kita sebutnya. Bisa macam-macam, tidak harus hanya komersial, banyak," jelasnya mengutip Detik.com.
MRT Jakarta ingin menghadirkan ruang multifungsi yang tidak hanya untuk aktivitas bisnis, tetapi juga bisa berfungsi untuk berbagai kegiatan lain demi meningkatkan kenyamanan dan mobilitas orang di kawasan Bundaran HI. Selain itu, proyek ini juga menjadi titik awal pengembangan kawasan terintegrasi berbasis transit oriented development (TOD) di Bundaran HI.
Harapannya, pembangunan ini dapat memperbaiki perjalanan pedestrian serta konektivitas antar bangunan sekitar. Proyek pembangunan ini sudah mendapatkan persetujuan dari Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung, dan bahkan beberapa pemilik gedung sekitar Bundaran HI telah menunjukkan minat terhadap rencana pembangunan tersebut.
Pengembangan ruang multifungsi ini bertujuan menciptakan kawasan yang ramah pejalan kaki dan terhubung langsung dengan stasiun serta fasilitas publik lainnya. Masyarakat tidak perlu keluar dan menghadapi panas atau hujan saat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Ruang multifungsi ini dipandang sebagai fasilitas publik pertama di Indonesia yang memiliki konsep serupa dan terintegrasi secara optimal dengan sarana transportasi di bawah tanah.
Dengan konsep ini, diharapkan kawasan Bundaran HI dapat bersaing dengan ikon kota-kota besar lain seperti Orchard Road Singapura, sekaligus meningkatkan kualitas area di pusat Jakarta menjadi lebih nyaman dan modern bagi pengguna transportasi umum maupun pejalan kaki. [Syifaa]