ThePhrase.id – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), sebagai Agen Pemegang Merek (APM) dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia menyampaikan bahwa penjualan flagship premium SUV Mazda CX-60 yang edisi terbarunya diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 melampaui target.
Mazda CX-60 yang awalnya ditargetkan untuk terjual 30 unit, berhasil mencapai penjualan lebih dari 100 unit sepanjang GIIAS 2024. Keberhasilan ini didorong oleh tingginya minat terhadap Mazda CX-60 Edisi Kuro dan Elite (3.3L AWD), yang menyumbang sebagian besar dari total penjualan Mazda CX-60.
Selain itu, edisi terbaru SUV ini, Mazda CX-60 Pro (2.5L AWD), juga menerima respons yang sangat positif dan terjual habis selama pameran berlangsung. Secara total, Mazda CX-60 terjual sebanyak 106 unit.
Sementara itu, secara keseluruhan, Mazda mencatatkan total 833 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) di GIIAS 2024. Dari model-model yang ditawarkan, lima produk dengan penjualan tertinggi adalah:
Mazda CX-5 | 28,5% | 237-unit |
Mazda CX-3 | 26,8% | 223-unit |
Mazda3 Hatchback | 16,1% | 134-unit |
Mazda CX-60 | 12,7% | 106-unit |
Mazda CX-30 | 5,5% | 46-unit |
Mazda CX-60 sendiri adalah SUV flagship yang menawarkan kemewahan dan performa yang tinggi pada saat yang bersamaan. Mobil ini dibekali dengan mesin 6-silinder segaris 3.3L, dilengkapi dengan Twin Scroll Turbo yang memberikan tenaga kuat hingga 280 hp.
Teknologi M-Hybrid Boost (48V Mild Hybrid System) meningkatkan efisiensi bahan bakar, terutama saat kecepatan rendah (motor dapat beroperasi mandiri tanpa bantuan mesin). Sementara itu, transmisi otomatis terbaru 8-percepatan tanpa torque converter memastikan pengendaraan halus dan efisiensi tenaga yang optimal (i-ACTIV AWD yang menggerakkan keempat rodanya).
Fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-DRIVE) pada Mazda CX-60 memungkinkan pengemudi untuk memilih mode berkendara Normal-Sport-Off Road sesuai kebutuhan. Transmisi otomatis 8-speed terbaru memberikan distribusi tenaga yang merata, sementara kontrol Kinematic Posture Control (KPC) meningkatkan stabilitas saat berbelok, meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan pengemudi.
Ditambah lagi dengan kelengkapan fitur keselamatan i-ACTIVSENSE yang dapat mengawasi lingkungan kendaraan seluas 360 derajat. Memberikan peringatan bahaya kepada pengemudi dan melakukan pengereman secara otomatis untuk mencegah kecelakaan.
SUV ini hadir dalam tiga edisi yang unik: Elite, dengan desain elegan; Kuro, yang menampilkan gaya sporty; dan Pro, yang melengkapi kedua edisi terdahulu. Semua mengadopsi filosofi KODO Design yang menonjolkan keindahan dan dinamisme, serta interior mewah dengan material berkualitas tinggi.
Edisi Elite menampilkan grille depan dengan desain vertikal dan signature wing berwarna chrome, serta velg 20-inci berbentuk diamond-cut. Sementara edisi Kuro, hadir dengan grille depan honeycomb dengan desain berwarna hitam gloss dan velg 20-inci berwarna hitam gloss.
Pada sisi interior, Mazda CX-60 menghadirkan jok berbalut Nappa Leather, yang tetap menonjolkan karakteristik dari masing-masing edisi.
Edisi Elite menawarkan nuansa putih keabu-abuan dengan kombinasi woven fabric dan maple wood, sedangkan edisi Kuro menampilkan kombinasi warna hitam dan tan dengan material serupa suede, menampilkan kesan adventurous plus sporty.
Selain itu, Mazda CX-60 juga dilengkapi panoramic roof berukuran besar untuk mendukung impresi ruang kabin yang lebih lapang, dengan ambient lighting putih pada door trim depan dan belakang, untuk memberikan kesan segar dan dinamis.
Semakin disempurnakan, fitur terbaru Driver Personalization System pada Mazda CX-60 memungkinkan pengaturan posisi ideal berdasarkan data tinggi badan pengemudi untuk jok, setir, spion samping, dan heads-up display.
Lebih lanjut, fitur layar heads-up display berukuran 12.3-inci dan layar multi-information display full-TFT LCD dengan konsol Mazda Connect semakin memudahkan pengemudi, dengan menyediakan informasi yang mudah diakses dan dibaca. [rk]