leader

Resmi Naturalisasi, Justin Hubner Jadi Pesepak Bola Indonesia Pertama di Premier League

Penulis Rahma K
Jan 01, 2024
Justin Hubner. (Foto: Instagram/justinhubner5)
Justin Hubner. (Foto: Instagram/justinhubner5)

ThePhrase.id – Pesepak bola Justin Quincy Hubner telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (6/12).

Sebelum mengambil sumpah, Justin terlebih dahulu melalui serangkaian proses naturalisasi seperti persetujuan dalam Rapat Paripurna DPR RI, hingga penandatanganan Keppres permohonan naturalisasi dari Presiden Joko Widodo.

Usai menjadi WNI, Justin mengaku dirinya merasa senang. Ia berterima kasih dan juga mengatakan siap untuk memberikan segalanya untuk Indonesia.

"Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI, juga pemerintah Indonesia. Perasaan saya sangat senang. Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dalam pemusatan latihan," ungkap Justin, dikutip dari laman PSSI.

Resmi Naturalisasi  Justin Hubner Jadi Pesepak Bola Indonesia Pertama di Premier League
Justin Hubner saat mengambil sumpah pewarganegaraan Republik Indonesia. (Foto: pssi.org)

Justin sendiri merupakan pesepak bola asal Belanda yang lahir pada 14 September 2003. Ia memiliki darah Indonesia dari sang kakek, Ferdinand Rudolf Hubner yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 11 Agustus 1948.

Saat ini, ia tercatat sebagai pemain dalam klub Inggris, Wolverhampton Wanderers atau yang lebih dikenal dengan nama Wolves. Ia bergabung dengan Wolves sejak tahun 2020 dari klub FC Den Bosch.

FC Den Bosch adalah tempat pertamanya berkarier sebagai pesepak bola. Lebih tepatnya, ia bergabung dengan akademi FC Den Bosch Youth di tahun 2017. Satu tahun setelahnya, ia tergabung dalam kategori kelompok usia U-17.

Di tahun 2020, ia bertolak ke Inggris untuk memperkuat tim Wolves. Namun, ia belum tergabung dalam tim utamanya, melainkan pada tim kategori U-18 dan naik ke kategori usia U-21 di tahun 2022 silam.

Resmi Naturalisasi  Justin Hubner Jadi Pesepak Bola Indonesia Pertama di Premier League
Justin Hubner. (Foto: Instagram/justinhubner5)

Bersama Wolves, ia telah berlaga di Premier League U-18 pada musim 2019/2020 dan Premier League 2 untuk tim U-21 pada musim 2021/2022. Pada klub ini, ia bermain sebagai bek tengah dan ditunjuk sebagai kapten tim U-21.

Hebatnya, kemampuannya di lapangan membuat pemuda yang baru berusia 20 tahun ini diboyong tim utama Wolves di bangku cadangan ketika beberapa pemain tim utama cedera dan berhalangan tampil pada pertandingan Premier Leage melawan Arsenal.

Meskipun belum berkesempatan merumput dan membela tim utama Wolves, namanya telah tercatat sebagai bagian dari pemain Wolverhampton Wanderers pada situs resmi Liga Inggris Premier League. 

Sebagai informasi, Premier League merupakan liga paling bergengsi di Inggris dan salah satu yang bergengsi di dunia. Justin menorehkan sejarah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pertama yang namanya tercatat di klub Premier League. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic