leader

Salut! Atlet Para Panahan Teodora Audi Ayudia Raih Tiket Menuju Paralimpiade Paris 2024

Penulis Rahma K
Nov 28, 2023
Teodora Audi Ayudia. (Foto: npcindonesia.or.id)
Teodora Audi Ayudia. (Foto: npcindonesia.or.id)

ThePhrase.id – Satu lagi atlet Indonesia membanggakan yang meraih tiket menuju ke Paralimpiade Paris 2024 dan akan bersaing dengan atlet disabilitas lainnya dari seluruh dunia. Teodora Audi Ayudia Ferelly Essant namanya, atlet Para Panahan Indonesia.

Tiket menuju Paralimpiade Paris 2024 ia raih setelah berhasil merebut medali emas Para Panahan nomor Open Women Compound pada Turnamen Kualifikasi Kontinental 2024 atau 2023 Asian Para Archery Championships & CQT 2024 World Archery Asia (WAAs) yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada 16-23 November 2023.

Bisa menjadi wakil Indonesia di kompetisi bergengsi dunia merupakan hal yang luar biasa. Tetapi, Audi meraih prestasi ini dengan rekor yang lebih fantastis, yakni merebut tiket ke Paralimpiade 2024 dalam debutnya di ajang internasional.

Sang atlet dipastikan mendapatkan kesempatan maju ke Paralimpiade Paris 2024 pasca mengalahkan Nur Jannaton Abdul Jalil dari Malaysia di laga final turnamen kualifikasi tersebut. 

 

Pada awal turnamen, Audi terlebih dahulu membekuk wakil dari Taiwan, Lan Wang Hsin. Kemudian, di babak semifinal, Audi lebih unggul dari wakil Filipina, Agustina Maximo Bantiloc. Barulah di babak final ia menaklukkan wakil dari Malaysia dengan skor tertinggi 142.

"Terima kasih telah membangkitkan saya di dunia panahan dan sudah menerima saya bergabung dengan NPCI untuk mengikuti kejuaraan internasional, sheingga saya bisa mendapatkan tiket Paralimpiade untuk mewujudkan mimpi saya," ucap Audi, dikutip dari tvonenews.com.

Secara pribadi melalui laman Instagramnya, Audi juga mencurahkan perasaan bahagianya. Ia menuliskan bahwa sebelumnya ia sempat merasa bingung untuk meneruskan karier sebagai atlet para panahan atau rehat.

 

"Wauowwww ini ta jawaban setiap doa malamku, yang masih bingung mau terus fokus di panahan atau rehat untuk tidak memanah lagi. Tapi terima kasih dan syukur Tuhan ini lebih dari doa yang ku harapkan juga. Jika ini menjadi takdirku maka mudahkanlah Tuhan. Jika nanti di saat proses banyak rintangan, kuatkanlah diriku," tulisnya.

Terlebih lagi, pelatih para panahan Indonesia, Idya Putra Harijanto mengatakan bahwa debut Audi ini menjadi sebuah kejutan. Pasalnya, ia baru pertama kali tampil di kejuaraan internasional level Asia, tetapi langsung berhasil merebut tiket Paralimpiade.

"Debut Audi memang membuat kejutan. Untuk pertama kalinya tampil di kejuaraan internasional di level Asia, Audi mampu melewatinya dengan baik. Tiket Paralimpiade 2024 kini sudah di tangan Audi," ujarnya, Kamis (23/11) malam, dikutip dari RRI.co.id.

Salut  Atlet Para Panahan Teodora Audi Ayudia Raih Tiket Menuju Paralimpiade Paris 2024
Teodora Audi Ayudia. (Foto: npcindonesia.or.id)

Pada nomor individu, Audi menampilkan pertandingan yang luar biasa hingga meraih tiket emas. Namun, saat berpasangan dengan Ken Swagumilang di nomor Compound Mixed Team, Audi dan Ken juga memberikan yang terbaik. Alhasil, duo tersebut berhasil membawa pulang medali perak.

Pencapaian pada turnamen kualifikasi ini menjadi kisah inspiratif yang haru karena Audi sebelumnya menjalani kehidupan seperti orang lainnya. Namun, di tahun 2017 lulusan SMA Stella Duce 1 Yogyakarta ini mengalami kecelakaan fatal.

Ia dan keluarganya yang tengah berada di sebuah mobil pada perjalanan pulang dari berlibur di Bali mengalami tertabrak oleh sebuah bus di jalanan Pasuruan, Jawa Timur. Kecelakaan ini membuat Audi mengalami kelumpuhan.

Selama perawatan, yang tengah berusia 23 tahun ini diperkenalkan oleh sang dokter pada pelatih panahan. Ia kemudian mencoba cabor ini bersama penyandang disabilitas lainnya. Dimulai dari kegundahan ketika mencoba cabor ini, kini Audi berhasil meraih prestasi dan membanggakan bangsa. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic