leader

Salut! Briptu Renita Rismayanti Raih Penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik 2023 dari PBB

Penulis Rahma K
Nov 15, 2023
Briptu Renita Rismayanti. (Foto: PBB di Indonesia)
Briptu Renita Rismayanti. (Foto: PBB di Indonesia)

ThePhrase.id – Pada 13 November 2023, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan bahwa Brigadir Polisi Satu (Briptu) Renita Rismayanti dari Indonesia akan menerima penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik PBB tahun 2023.

Penghargaan United Nations Woman Police Officer of the Year tersebut akan diberikan pada 16 November 2023 mendatang dalam acara tahunan United Nations (UN) Police Week yang berlangsung di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat pada 13 hingga 17 November 2023. 

Brigadir Polisi Satu Renita Rismayanti merupakan Petugas Basis Data Kriminal (Crime Database Officer) Bagian Intelijen dan Analisis Kejahatan di Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA). Sebagai crime database officer, ia telah membantu membuat konsep dan mengembangkan basis data kriminal yang memungkinkan Polisi PBB untuk memetakan dan menganalisis titik-titik rawan kejahatan dan kekacauan.

Perannya tersebut kemudian dapat membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi mereka dengan lebih baik dalam mendukung dan melindungi penduduk setempat.

Jean-Pierre Lacroix, Wakil Sekretaris Jenderal untuk Operasi Perdamaian mengatakan bahwa inovasi dan upaya Briptu Renita dalam memanfaatkan data dalam pemeliharaan perdamaian PBB dan kepolisian Republik Afrika Tengah tersebut telah memberikan kontribusi yang signifikan.

Salut  Briptu Renita Rismayanti Raih Penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik 2023 dari PBB
Briptu Renita Rismayanti. (Foto: Instagram/nitaresmaya)

"Inovasi dan upaya Sersan Satu Polisi Rismayanti dalam memanfaatkan data dalam pemeliharaan perdamaian PBB dan kepolisian Republik Afrika Tengah telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan keamanan bagi masyarakat yang rentan, termasuk perempuan dan anak perempuan," ungkapnya, dikutip dari laman PBB Indonesia.

Jean-Pierre Lacroix menambahkan bahwa Briptu Renita merupakan contoh yang baik terkait bagaimana partisipasi dan kepemimpinan perempuan meningkatkan efektivitas upaya perlindungan dan pembangunan perdamaian.

Hebatnya, Briptu Renita menjadi polisi perempuan termuda yang pernah memenangkan penghargaan ini dengan usianya yang baru menginjak 27 tahun.

Sebelum ditempatkan sebagai perwira polisi perorangan di MINUSCA pada Juni 2022 lalu, Briptu Renita terlebih dahulu ditempatkan di Kantor Pelatihan dan Administrasi Pemeliharaan Perdamaian. 

Di posisi tersebut, ia unggul dalam berbagai tanggung jawab termasuk seleksi personel, penilaian kompetensi, dan pengadaan logistik untuk pelatihan pra-penempatan selama 5 tahun.

Ia juga pernah bekerja sebagai Petugas Informasi Publik dan memiliki pengalaman dalam membangun kesadaran masyarakat tentang pencegahan kejahatan. Terkait kali pertamanya tergabung dengan kepolisian adalah di tahun 2014 dengan Kepolisian Republik Indonesia.  [rk]

 
Related News
Popular News
 

News Topic